KICK STARTER (2)

Buat pemilik motor matic terutama motor yang sudah lama pasti sering kejadian pedal kick starter atau selahannya macet tidak bisa balik lagi seperti semula seperti per selahannya sudah macet atau patah. Kondisi seperti ini belum tentu harus ganti per selahannya.

Beda dengan motor sport atau bebek kondisi selahannya direndam oleh oli di mesin, untuk motor matic posisi selahannya di bagian CVT yang harus bersih dari pelumas kecuali bagian tertentu saja. Karena komponen part selahan tidak terendam oli maka kotoran seperti debu mudah menempel bahkan bisa menimbulkan karat alhasil selahan tidak bisa balik lagi saat ditendang karena komponen selahan kotor.

KICK STARTER (4)

Karena kotoran/karat inilah yang menyebabkan selahan jadi macet, lihat gambar dibawah ini komponen selahan di bagian CVT kotor banyak debu alhasil as selahan banyak kotorannya dan putaran as selahan jadi terhambat.

KICK STARTER (7)

Debu debu ini menjadikan as selahan macet.

KICK STARTER (5)

Solusinya cukup bersihkan saja, cuci dengan bensin komponen selahan kaki.

KICK STARTER (6) KICK STARTER (1) KICK STARTER (8)

Kalau sudah bersih, lumasi dengan grease sedikit saja ( gemuk khusus cvt). hasilnya selahan bisa normal lagi. Jadi kalau selahan macet jangan langsung berasumsi pernya patah atau sudah lemah, coba bersihkan dulu part2 selahan jika sudah dibersihkan tapi masih belum normal maka baru diganti per selahannya yang harganya kisaran 30ribuan.

KICK STARTER (9) KICK STARTER (3)

30 KOMENTAR

  1. pantesan sangat sering menemui masalah kick starternya ngadat. ternyata memang beda dbanding kick starter bebek

  2. punya ane belum 6000km setelah servis di beres sudah seret baliknya…padahal sering dipake pagi hari..ada yg salah ya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini