suzuki-satria-f-indoprix-1

Suzuki indonesia sudah mengklaim kalau Satria FU yang saat ini beredar di indonesia sudah lolos euro3 padahal sistem pengabutan bahan bakar masih manual alias karburator. Apakah pihak suzuki tetap mempertahankan kondisi motor yang paling laris di suzuki ini ?

Motor ayam jago dari suzuki saat ini sudah jelas menjadi jantungnya nyawa suzuki, jika suzuki salah langkah dalam pengembangan the next satria fu berikutnya maka dipastikan suzuki bisa tumbang. Tahun ini suzuki suzuki menghentikan besar besaran produknya di beberapa varian taktis hanya satria fu yang jadi andalan penjualan suzuki saat ini. Suzuki seharusnya secara perlahan memperkenalkan adik kembarnya Raider j 115 fi agar konsumen indonesia terutama penggemar suzuki bisa merasakan ketangguhan motor satria yang sudah injeksi, jika suzuki merilis satria injeksi ini di indonesia maka langkah ini bisa menjadi patokan apakah satria fu injeksi bisa diterima oleh pasar indonesia.

raider

Apakah suzuki tetap mempertahankan satria fu memakai karburator ? tidak…! itu opini saya, jika suzuki tidak mengikuti perkembangan teknologi di motor satria fu bisa dipastikan motor ini akan semakin ditinggalkan apalagi sekarang trend motor bebek dan ayam jago sudah turun drastis ditinggalkan oleh varian motor sport. Lalu kapan satria fu akan diinjeksikan ? hanya suzuki yang tahu. Alangkah baiknya suzuki menjual satria 115 fi salah satunya untuk menjadi patokan penjualan / penerimaan market atas motor ayam jago injeksi ini. Kita sudah tahu kalau sistem teknologi injeksi di suzuki paling lengkap sensor2nya di bandingkan kompetitor itu sudah jadi salah satu modal, hanya saja pihak suzuki kurang gencar untuk mengsosialisasikan teknologi mereka seperti kedua raksasa ATPM di indonesia.

Last, kita tunggu saja kapan satria fu akan diinjeksikan. Kita tengok suzuki Raider J 115 Fi dari filipina yang sudah pakai pengabut injeksi, kita lihat galeri dan spesifikasinya.

ENGINE TYPE
4 STROKE, AIR-COOLED, SOHC
BORE X STROKE 51.0mm x 55.4mm
DISPLACEMENT 113cc
COMPRESSION RATIO 9.4:1
FUEL SYSTEM
FUEL INJECTION
COOLING SYSTEM
AIR-COOLED
LUBRICATION WET SUMP
STARTING ELECTRIC / KICK
IGNITION SYSTEM
ELECTRONIC IGNITION
ENGINE OIL 800ml
TRANSMISSION TYPE
4-SPEED, CONSTANT MESH
CLUTCH TYPE [PRIMARY] WET SHOE, AUTOMATIC, CENTRIFUGAL TYPE
SUSPENSION FRONT TELESCOPIC, COIL SPRING, OIL DAMPED
REAR SWINGARM TYPE, COIL SPRING, OIL DAMPED
TIRE SIZE
FRONT 70/90-17M/C 38 P, TUBE TYPE
REAR 80/90-17M/C 44 P, TUBE TYPE
BRAKES
FRONT DRUM BRAKE
  REAR DISC BRAKE
LENGTH X WIDTH X HEIGHT
1910mm x 670mm x 1000mm
WHEELBASE 1220mm
GROUND/ROAD CLEARANCE
145mm
CURB MASS
94kg (SPOKE), 96kg (MAGS)
SEAT HEIGHT
765mm
FUEL TANK CAPACITY
3.7L

1 KOMENTAR

  1. Motor kencang nih.
    Mesin sama dengan shooter ane, kekurangannya shooter cuma terlalu enteng 94kg dengan bodi bebek….. Kayanya raider 115 aga lebih berat sedikit 96kg, jd lebih stabil, dan bodi ayago yg lebih stabil.

Ketik Komentar Anda