Advertisements
jump to navigation

Vixion Mbrebet Dan Jarum Speedometer Naik Turun , Nich Solusinya… Januari 26, 2014

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

speedometer

Siang kemarin kang ari dapat keluhan dari konsumen biker vixion 2009,mengeluhkan motornya mbrebet setelah motor jalan jauh atau ketika mesin sudah panas dan motor bisa mati dan jarum speedometernya naik-turun saat ketika lampu depan atau lampu sen dinyalakan. Monggo dibahas bareng bareng,

Kejadian motor mbrebet saat menyalakan lampu utama/lampu sen atau klakson disebabkan kurangnya pasokan tegangan listrik yang diterima ke sistem injeksi. Jika pasokan listrik terganggu maka sistem injeksi bekerja tidak normal,lalu kenapa bisa begitu ? ada beberapa penyebabnya ?

1.Penambahan accesories kelistrikan yang berat seperti lampu HID, klakson keong dan alarm. Jika pengeluaran tegangan lebih besar dari yang sudah ditetapkan di motor tersebut maka akan menyebabkan aki tekor atau soak alhasil sistem injeksi terganggu kinerjanya.

2.Pengisian tegangan ke aki bermasalah, hal ini bisa disebabkan karena sistem pengisian ke aki tidak normal bisa karena kondisi kiprok dan spul sudah rusak bisa juga kondisi sekring yang sudah lemah sehingga tidak bisa menerima beban berat.

Lalu apa saja yang mesti kita lakukan ?

1.Cek kondisi aki, tegangan aki normal diatas 12v,jika dibawah 12v maka segeralah dicas akinya.

2.Jika kondisi aki masih bagus kemudian dicek kondisi kiproknya,untuk mengecek kondisi kiprok begini caranya , siapkan digital multi tester setel di fungsi volt DC ,lepaskan aki dari motor kemudian motor dihidupkan dengan diselah / engkol. Colokkan kabel tester ke terminal aki dan lihat hasilnya harus 14 volt jika dibawah 13 volt ada indikasi kiprok atau spul rusak sebaiknya konsultasi ke bengkel ya kang bro. Lihat video dibawah ini cara ngecek pengisian ke aki.

3.Cek kondisi rumah sekringnya jika rumah sekring terlihat kehitaman/keclokatan segera ganti rumah sekringnya cuma 20ribu kok.

Seperti yang terjadi pada motor konsumen ini ternyata kiproknya sudah rusak,setelah ganti kiprok hasilnya motor normal,harga kiprok vixion 251ribu.

P1050252

 

Lihat video fenomena jarum speedometer naik turun sebelum ganti kiprok,

Dan berikut setelah kondisi motor sudah ganti kiprok,jarum speedometer normal lagi.

Semoga bisa membantu…

Advertisements

Komentar»

1. aripitstop - Januari 26, 2014

disinyalir sepi maka pertamax dulu

2. ali zibbeni - Januari 26, 2014

.keduax ajah

aripitstop - Januari 26, 2014

kedupax

3. djhar - Januari 26, 2014

Mantap Kang info nya

4. Mase - Januari 26, 2014
5. orong-orong - Januari 26, 2014

gas gas gas

6. MotoZhein - Januari 26, 2014
7. Wong Ndeso 94 - Januari 26, 2014

Tak pikir karena kabele spido

8. Kobayogas - Januari 26, 2014
aripitstop - Januari 26, 2014

Tergantung penyakitnya dmn dl om….

Kobayogas - Januari 26, 2014

Ooo yg kemaren itu kan karena kiprok nyawanya jadi pendek gara2 HID dll..

9. lawu - Januari 26, 2014

Kang ari mtor sya dah ganti kiprok koq masih ngedip ya lampu speedo nya?,cayaha’y sih da terang lg tpi penyakit ngedip’y yg ga mau hlang kira2 apa’y lg ya kang.

aripitstop - Januari 26, 2014

Untuk lampu mil kedip lbh baik d cek alat fi di beres biar tahu msalahnya

lawu - Januari 26, 2014

Lampu speedo sma lampu netral kang yg ngedip klo rem dpn/blk di tekan

10. RPMspeed - Januari 26, 2014
11. potretbikers - Januari 26, 2014
12. YOSH! - Januari 26, 2014

Mbrebet itu apa kang?

aripitstop - Januari 26, 2014

Langsam tdk stabil dan cenderung mtr mati2

Wisnu murti - September 17, 2016

Kami punya vixion bang ketika aki baru smua sehat tapi aki cpet soak stelah satu minggu jarum spedo naik turun dan brebet… Jika aki saya lepas semua sehat. mungkin tidak kuat mengecas aki dari pengapian, dan kalau untuk jalan jauh( tanpa aki) kembali sperti penyakit awal.. Jarum naik turun brebet jugak.. Itu spul atau kiprok ya bang?..
Mohon saranya gimana bang??

13. Mas Sayur - Januari 26, 2014

penambahan lampu yg butuh strum gede/banyak mmg bisa memperpendek umur aki juga…

http://bakulkangkungjpr1.com/2014/01/26/this-is-jayapura-part-3lake-sentani/

14. Rendi - Januari 27, 2014

kiprok belum tentu rusak, itu karena pasokan nya kurang dari aki, ganti akinya pake FU 6 A, yg makan arus gede kek lampu rem ganti LED , beres tuch masalahnya

15. boy2nd - Maret 3, 2014

mas NVL ane kok ndut ndutan ya? pdahal baru 11 bulan dan motornya jarang dipake minum pertamax trus dri baru.. km juga dikit baru 1596km doang.. ndud ndutannya klo dipanteng rpm sedeng sekitar 4000-5000 kerasa sekali ndut ndutannya

aripitstop - Maret 3, 2014

cek kondisi busi…biasanya masalah seperti itu ada dibusi.

boy2nd - Maret 4, 2014

businya agak merah kok mas,.. padahal baru servis juga

16. H3ndR1 - Agustus 25, 2014

Kalo ninin 250’11 ane errornya Disaat kunci kontak dinyalakan lalu Engine Switch dihidupkan selalu jarum spidometer mental sedikit ke arah 10 km/h. Untuk voltase normal karena ane pake voltmeter koso dan kebetulan baru ganti aki 4 bulan lalu. Mohon pencerahannya kang ary..Thx 🙂

Sigit-Jogja - Agustus 25, 2014

belum tentu Aki dan kiproknya bos,saya juga pernah mengalami kejadian seperti itu,
Pertama kali saya ganti akinya dan ternyata akinya strumnya langsung drop dan kondisi masih error dan lampu ngedrop,trus saya ganti juga kiproknya tetap sama saja. dan terakhir saya ganti spool pengapian alhasil masalah telah teratasi sampai sekarang
@ H3ndr1 mohon untuk diganti spool pengapiannya

H3ndR1 - Agustus 26, 2014

Thx atas sarannya mzbro. Tp untuk lampu2 ane masih normal dan klakson juga. Jadi cuma mental skali lalu balik normal dijarum speedonya. Ga ndut2an kaya video diatas. Dan itu juga kondisi mesin masih mati. Ntar servis rutin ane bisa tanyakan ke mekaniknya lngsung..

17. dacosta - Agustus 25, 2014

maap kang ari, jarum speedo apa jarum tacho yaa?? ? :d

aripitstop - Agustus 25, 2014

oiya jarum tachometer

18. B03D1 - Oktober 6, 2014

om.. cara pasang jarum spedo verza gimana caranya ya? Ane habis bongkar tp setelah dipasang jarum spedo mesti gerak ke bawah ( dibawah angka 0 ) dulu baru normal di posisi angka 0. Ditunggu dengan sangat info nya om.

19. endra - Oktober 14, 2014

om, vixi pnya sya 2010 klo suhu dingin bnget (mlam hari cuaca hujan), awal mesin di idupin jarum RPM k angka 4 pdhal gas ga d puter, klo d bejeg jg te2p susah buat naik, paling k angka 5 atw max 6.
Tp ga lma (mesin udh anget) trus mulai start engine awal lgi, RPMny balik normal.
Tu knpa yah?

20. dany - Februari 5, 2015

Mksi bgt infonya.sngat membantu..

21. adit - April 9, 2015

waduh…kemarin vixion ane dengan kasus serupa ane bawa ke bengkel gak di cek sama mekaniknya..eh sama cina si empunya bengkel main suruh ganti aki aja…

ntar gmn kl bukan akinya yang rusak, aki barunya bisa ikut rusak gak kang?

Kang ari - April 9, 2015

Di cas saja

22. Jaka - April 16, 2015

kang, motor ane pas kyk gini gejalanya. kalo lampu dah hidup, spedometernya turun total. trus mesin mati. padahal kiprok dan aki baru ganti kang (kiprok br 3 bln, Aki br 2 Bln). rumah sekring juga normal kang. mohon pencerahannya kang…

23. Fawzan Nasrul Putra - April 23, 2015

klo kiprok mtor injeksi rusak apa bisa dicek pke alat FI,

Kang ari - April 23, 2015

bisa dicek dari output tegangannya

24. Eka hendarsyah - Mei 5, 2015

Maaf kang, ane udah coba semua tapi tidak ada penyelesaian…motor vixion keluaran tahun 2009. Sudah ane coba di coil stator di langsungin tanpa socket tetep masih masalah…logika ane suplly 3 phase ke kiprok dan output kiprok tidak akan rusak jika output tegangan pad kiprok normal 14.3 vdc di rpm 1500…yg jd masalah kenapa tegangan ngedrop sampai 10vdc tanpa load? (sikring di lepas)?

25. Arul - Mei 19, 2015

Numpang tanya juga kang, kalau tachometer langsam nya nunjuk 2rbuan tapi suara engine saya yakin udah dibawah 1500an itu kenapa ya? Apa speedo udah rusak ya? Aneh nya kalau lmpu diidupin plus sen plus rem dikocok, (aki low) itu jarum rpmnya turun nunjuk ke 1500an, pas digas naik lagi 2rbuan, kocok lampu rem sen, balik lagi 1500an..

Memang vixion saya jarum rpmnya naik turun spt kasus yang kang ari tangani di artikel ini, tapi rpm gak akurat bikin risih juga…

Arul - Mei 19, 2015

Vixion saya rakitan 2008

Kang ari - Mei 19, 2015

Klo rpm nggak akurat biasanya dari speedometer yang sudah eror, klo bengkel bisa ngakalin Coba diakalin klo nggak bisa, Yup ganti speedometer

Arul - Mei 23, 2015

Saya juga curiga speedometer nya sudah error, motor sudah berumur jadi ya jajan sana sini (alhamdulilah walaupun seken hasil keringat sendiri)..

Terimakasih sudah mau jawab kang ari..

26. Drenges susant andareta - Agustus 2, 2015

Klo aki bagus.. kiprok bagus..sekring bagus ..terus spedo tetep naik turun..gmana solusi”na….mmm

27. chandra - Oktober 16, 2015

Awal Tahun lalu sekitar bulan januari 2015 Motor saya (Vixion th 2008 pakai dari baru) pernah mengalami kasus RPM turun setelah di cek ke bengkel resmi awalnya ganti Aki(250rb), begitu aki baru dipasang Normal kembali, tetapi hanya 24jam.keesokan hari nya Rpm mulai naik turun lagi.saya balik lg ke bengkel resmi ternyata di cek Kiproknya bermasalah.ahirnya ganti kiprok(250rb) baru tapi sayangnya aki baru yg kemarin dipasang sdh soak 1x24jam karena kirpok td. Aneh jg ya??!! Ahirnya terpaksa ganti aki baru lagi (250rb). Keesokan hari nya sekitar 2hari, gejala Rpm naik turun datang lagi hadeeeh… puyeeng.. udah.. balik lagi ke bengkel disarankan ganti spul (160rb) baru ahirnya kembali Normal..total perbaikan 900rb. Tapiiii 1minggu yg lalu.. awalnya krn bohlam depan mati yg lampu dekatnya ahirnya sekitar 2hari pakai lampu jauh.gara2 tsb aki jd ngdrop.langsung ganti bohlam baru, normal lagi.kemarin sore dan tapi pagi gejala RPM turun naik jadi datang lagiii bahkan RPM bener2 ngdrop. Masa iyaa siiy Kiprok dan Spul umur 9bln sdh rusak. ???!!! Motor saya tdk pernah dipasangi accesoris yg berhub dgn aki. Apa sperpart yamaha Ä·rn sekarang stau saya yg buat vendor smua bukan pabrik yamaha jadi kualitasnya gak bagus.???!! Tolong info dunk kl sekring vixion sbelah mana letaknya. Trims sebelumnya..

kery - Januari 16, 2016

kejadian agan chandra sama persis dengan vixion ku th 2009. sekarang belum ketemu solusinya. mau ganti kiprok dan aki lagi ngak berani takut rusak semua lagi. kondisi sekarang jalanya cuman pakai kiprok kw2 100 rb tanpa aki maximal 10 km kiprok panas mati deh nunggu adem lagi baru jalan.

28. Jarum Rpm Vixion Naik Turun ? Ternyata Soket Gosong Juga Pengaruh | ARIPITSTOP - Januari 16, 2016

[…] Vixion Mbrebet Dan Jarum Speedometer Naik Turun , Nich Solusinya… […]

29. adit - Juli 20, 2016

Mas Ari saya beli kiprok old vixion sekalian pasang di beres Cirebon kiprok 252+ongkos pasang 35
ongkos pasang segitu mahal ga mas kalo menurut saya sih mahal

aripitstop - Juli 21, 2016

klo segitu nggak mahal

30. surya - September 3, 2016

Jadi kalo spul dan kiprok nya uda di ganti tetap masih di bawah 14 volt itu apa nya yang kena mas bro…

31. Ahmad Rizki - September 26, 2016

Itu harga resmi kan mas bro, soalnya kemungkinan besar masalah spd motor saya di kiprok…kalau segitu bisa di anggarin dulu…….
Makasih infonya……..

aripitstop - September 26, 2016

iya, tapisekarang sudah ada kenaikan sedikit

32. irwanto - Desember 20, 2016

Katanya kalo kiproknya udah mati,kalo mesin udah udh pnas kiprok juga ttep dingin,tapi punya saya kalo mesin di panasin kiproknya juga panas/masih normal,pdahal aki juga baru,,kenapa sob kalo buat jarak jauh tiba” jarum naik turun&lampu juga redup& juga kadang juga tiba” mati,kira” apanya ya sob

33. bejo - Desember 27, 2016

Kang Ari, old 2009 baru ganti aki baru 2 hari, tapi di saat menyalakan lampu dan lampu sein RPM masih aja naik turun.
Padahal kiprok baru 3 bulan ganti..
Kendalanya apalagi ya om Ari..?
Padahal BERES yg nanganin..
Mohon solusinya….
Marursuwun.

34. irwanto - Desember 27, 2016

Om,coba spulnya di cek,kmaren punya ane juga kaya gtu,gak taunya spulnya gosong ama kiproknya dah lemah

35. Ahm Sazili - Februari 5, 2017

Assalamualaikum kang bro, mau nanya,,, kenapa vixion gua saat jalan, suka mati sendiri ya,? Padahal saat belum jlan normal2 aja… Mohon infonya ya kang bro…

36. Armed - Februari 6, 2017

Mas mw nanya. Kalo kelistrikan bermasalah dan dan ada salah satu kabel yang terbakar bagaimana?

aripitstop - Februari 6, 2017

yo pasti cari sumbernya masalahnya dimana ? kerusakannya atau titik konslet dimana, ko misalkan kabelnya masih bisa disambung dipakai lagi nggak masalah tapi kalau sudah meleleh parah dan menyamber ke kabel lain kalau bisa ganti kabel bodi yang baru

37. Week end On The Road bagian 2 – QWongDjowo - Maret 14, 2017

[…] masalh kiprok rusak. Dengan menjelaskan gejala yanc sama persis dengan si vixi. Ini blog sebelah : http://aripitstop.com/2014/01/26/vixion-mbrebet-dan-jarum-speedometer-naik-turun-nich-solusinya/ atau klik di […]


space for ads

%d blogger menyukai ini: