oli

Kenapa oli gardan(gear) tetap terlihat bening meskipun sudah dipakai sampai10ribu km ? padahal oli mesin yang dipakai baru 500km saja sudah hitam pekat.Sebelum menjawab pertanyaan tersebut kang ari mau membahas fungsi dari oli dulu biar lebih paham.

Mesin motor berisikan komponen komponen yang bergerak dan saling bersinggungan.Tanpa pelumasan komponen2 ini akan rusak yang disebabkan panas dan saling gesekan.Tujuan pelumasan adalah membentuk lapisan olipada permukaan yang saling bergesekan dan untuk melindungi kerusakan karena pemakaian,dengan adanya pelumasan mesin dapat beroperasi dengan halus.

Jika dijabarkan,fungsi oli dibagi dalam 6 fungsi yaitu :

1.Anti gesek (anti friction effect )

Jika dua benda bergerak saling berhubungan,permukaan yang berhubungan akan terjadi gesekan.Untuk mengurangi gesekan ini maka diperlukan lapisan oli pada permukaan singgung yang saling bergesekan sehingga benda yang saling bergesekan tidak rusak dan aus.

2.Pendingin (cooling effect)

Gesekan akan menimbulkan panas,seperti halnya piston dan cylinder dalam melakukan pembakaran akan timbul panas,untuk itu oli akan mendinginkan panas yang timbul dan oli yang telah panas akan didinginkan dipenampungan oli dan kemudian dipakai sebagai pendingin mesin.

3.Perapat ( sealing effect )

Perapat kompresi didalam cylinder.,dilakukan oleh ring piston yang terpasang pada piston dan oliyang mengalir di dinding cylinder dan ring piston akan menjadi “sealing/perapat” yang bagus antara piston dan cylinder sehingga kebocoran kompresi dapat dikurangi.hali ini sering dilakukan oleh para mekanik untuk mengakalin jika ada motor mogokkarena kompresi berkurang,oli dimasukkan lewat lubang busi yang bertujuan kompresi bisa normal kembali.

4.Bantalan (buffer effect )

Ball bearings,roller bearings dan gears yang menopang tekanan berat dipusatkan pada titik tertentu,begitu juga dengan connecting rod menerima pukulan yang cukup berat pada pin piston dan ujung pin crank,jika komponen2 ini menerima pukulan yang berulang ulang akan terjadi kelelahan logam.Dengan adanya pelumasan oli (bantalan) maka akan memperluas bidang tekanan sehingga mengurangi beban tekan per unit komponen dan meratakan pukulan.

5.Anti karat (rust-inhibiting effect )

Oli membentuk lapisan tipis untuk menjaga permukaan logam dari udara,air dan gas yang membuat karat.

6.Pembersih (cleaning effect)

Tekanan oli dari pompa oli mengalir kemesin dan membawa debu2 logam ,untuk pelumasan ini diperlukan filter oli untuk menyaring kotoran yang terbawa oli sehingga dapat dijaga kebersihannya.

Nach sekarang sudah tahukan apa saja fungsi dari oli,semua fungsi oli diatas adalah fungsi dari oli mesin,sehingga kinerja oli mesin sangatlah berat.Sedangkan untuk oli gardan hanya menjalankan fungsinya sebagai anti gesek,pendingin,sebagai bantalan dan anti karat.

OLI MESIN DAN GARDAN (2)
OLI MESIN

Lalu kenapa oli mesin lebih cepat kotor dan hitam ? “salah satu fungsi dari oli mesin adalah sebagai perapat,karena oli bereaksi dengan karbon hasil pembakaran diruang bakar dan salah satu fungsi oli untuk pembersih jadi kotoran hasil pembakaran dan komponen yang aus akan menyatu dengan oli sehingga oli mesin cepat kotor dan hitam” jawaban dari pak.slamet salah satu petinggi YIMM yang semalam kang ari ajak ngobrol lewat “WhatsApp”.

pak slamet

Sedangkan oli gardan tidak menjalankan fungsinya sebagai perapat dan pembersih,oli gardan lebih berperan pada mengurangi gesekan antar komponen dan sebagai bantalan serta sebagai pendingin dan anti karat. Karena tidak berhubungan dengan ruang bakar maka oli gardan tetap kelihatan bening meskipun sudah dipakai jarak 10ribu km.

OLI MESIN DAN GARDAN (1)
OLI GARDAN

Sudah paham to…

43 KOMENTAR

  1. pernahkah ganti oli mesin 2T….? Rx king sy dah 10rb km lebih gak ganti oli mesin, olinya jg msh bening, mgkin cmn viskositasnya yg brubah….
    yamaha L2 jadul sy jg dah ribuan km gak ganti oli, jg msh bening olinya. ya wajar utk 2T pelumasan piston dah pake oli samping, bkn oli mesin

  2. jadi kesimpulannya oli gardan meskipun warnanya msh bening tapi kekuatan untuk melumasi bagian yang bergesekan itu sudah lemah, begitu yah bro??

  3. oli gardan apa bisa dipakai untuk oli mesin 2T? oli di mesin 2T ‘kan tidak masuk ke ruang bakar, hanya melumasi gear dan kampas kopling. pengaruhkah terhadap kampas kopling dan jeroan yg lain?

  4. Tambahan Kang:

    Teori segitiga oksidasi:
    1. Bahan Hidrokarbon dan turunannya (organik)
    2. Oksigen (oksidator)
    3. Panas

    Jika tiga ini bergabung, akan terciptalah yang namanya oksidasi.
    Kalau panas atau oksigennya sedikit, jadinya gosong.
    Kalau panasnya atau oksigennya cukup, jadi lah api.

    Jadi kalo oli kena udara, kena panas, ya pasti gosong (teroksidasi). Selain itu sifat asam (TBA) hasil pembakaran akan mengubah sifat kimia oli.

    Nah, oli mesin kan kena panas, bercampur udara juga, sedangkan hasil pembakaran (asep ato arang ato residu pembakaran) yang biasanya bocor dari ring dan masuk ke ruang oli itu sifatnya cenderung asam, jadinya oli lebih gampang gosong.

    Karena itulah sate dibakar, pisang digoreng jadi hitam, karena teroksidasi.

    Teori di atas dikembangkan jadi segitiga api atau juga segitiga pembakaran. Tapi konsep umumnya gitu.

  5. pengaruh putaran part juga, kalo oli mesin kan bisa sampai 10rb rpm, sedangkan olhp gardan paling bjuma 1/5 nya setelah melalui reduksi primer dan transmisi, pengaruh kopling juga, dimana sisa gesekan kopling akan bercampur ditoli mesin

  6. oli gardan / oli gearbox mesin 4 langkah kan jadi satu sama oli mesin. jadi judule mestinya “oli gardan di mesin 2 langkah …” gt kang. soale kan banyak yg rancu oli gearbox disebut “oli mesin” dan oli mesin disebut dg “oli samping” (di motor 2 tak)

  7. mau nanya. boleh ga oli mesin 4 tak motor matic dipakai ke gardan. jadi misal motor ane kan xeon, pakai oli 800ml, untuk oli gardan butuh 200ml. nah sy beli oli mesin 1ltr, 800 dimasukan untuk oli mesin, 200 nya untuk oli gardan, boleh kan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini