Advertisements
jump to navigation

Kenapa Nyala Lampu Redup ? Mei 10, 2013

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

P1050543

Lampu termasuk fasilitas fital saat berkendara apalagi saat jalan dimalam hari,bahkan sekarang sudah berlaku sistem AHO yang notabene malah membuat bohlam cepat putus apalagi yang pakai tegangan AC di lampu depan pasti bohlam jadi sering putus karena sistem tegangan AC yang naik turun sesuai rendah tingginya RPM,karena tegangan yang tidak stabil maka bohlam cepat putus.Jika bohlam cuma putus maka hanya perlu ganti bohlamnya saja,tapi pernahkah kang bro pernah mengalami nyala bohlam cuma redup tidak seterang biasanya.Bohlam sudah diganti baru tapi tetap redup,mau tahu jawabannya ?

Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada motor yang usianya sudah tua bisa 5 tahun keatas itupun terjadi pada motor yang menggunakan tegangan AC pada lampu depannya,jika pakai tegangan DC maka nyala lampu akan tergantung dari kondisi aki.Jika aki soak maka nyala lampu juga ikut redup,lalu apa ciri2nya antara nyala lampu AC dengan DC ? untuk nyala lampu AC,lampu akan menyala jika motor dihidupkan,kondisi motor mati maka lampu nggak akan hidup.Sedangkan lampu DC akan nyala asalkan saklar lampu dipencet ON atau kunci kontak ON untuk AHO  meskipun motor kondisi mati.

Beberapa faktor kenapa nyala lampu bisa redup untuk tegangan AC :

1.Kondisi bohlam yang sudah lama/hampir putus,biasanya akan redup dulu nyalanya,Untuk mengeceknya coba diganti bohlam yang baru jika nyalanya terang maka hanya bohlamnya yang bermasalah.

2.Kondisi mika lampu yang mulai buram(tidak jernih),jika kondisi mika lampu sudah buram maka nyala lampu yang dihasilkan tidak bisa terang karena terhalang oleh kondisi mika yang sudah tidak bisa meneruskan nyala lampu dengan maksimal.Cara pengecekannya,coba kang bro lepas soket bohlamnya lalu lampu dinyalakan tanpa menggunakan mika lampu (headlight) jika nyala lampu terang maka cukup ganti mika lampunya/headlight assy (rumah lampu).Jika memang mikanya yang sudah buram kang ari sarankan beli headlight yang assy karena untuk yang KW selain kualitasnya jelek dan mikanya gampang meleleh,mikanya juga cepat buram,biasanya umur baru 1tahun sudah buram.

3.Kiprok sudah rusak,ada dua jenis kerusakan kiprok untuk nyala lampu,yang pertama kiprok konslet (over charging ) ciri2nya semua bohlam putus pada saat diganti bohlam baru langsung putus lagi,karena kondisi normal tegangan yang keluar dari kiprok maksimal 12v jika kiprok konslet tegangan yang keluar bisa lebih dari 12v bahkan sampai 20v lebih,karena bohlam hanya mampu menerima tegangan maksimal 12v jika lebih dari 12v maka bohlam akan putus.Yang kedua kiprok sudah lemot,inilah yang membuat nyala lampu jadi redup karena kerja kiprok sudah tidak maksimal lagi,biasanya tegangan yang keluar dari kiprok dikisaran 5v walaupun motor sudah digeber2.

4.Jika kiprok sudah diganti tapi nyalanya masih redup maka hanya tersisa satu yaitu spul,biasanya jika spul sudah konslet atau kerjanya sudah tidak bisa maksimal bisa terjadi pada umur motor yang sudah tua atau 5 tahun lebih.

Dari 4 faktor diatas yang lebih sering terjadi dilapangan karena kondisi kiprok yang sudah lemah,seperti kejadian dibengkel kang ari ini,terjadi pada motor FIZ-R tahun 1997.Kondisi kiproknya sudah lemah setelah kang ari ganti kiprok nyalanya langsung terang,lihat ganbar dibawah ini,

pizap.com13681006074952 pizap.com13681004795081

 

Semoga bermanfaat,jika ada yang mau ditanyakan kang ari akan coba menjawab.Kang ari juga mengabadikan lewat video,monggo dilihat biar lebih jelas.

Video nyala lampu redup :

Video nyala lampu normal :

Advertisements

Komentar»

1. 46@sukses.com - Mei 10, 2013

Mo tanya kang,knapa ya vixn 2008 punya adikku,tiap hbis cuci sulit di stater,..
*kalo kna hujan saat jalan aman2 aja,tiada masalah

ariblogmotor - Mei 10, 2013

tombol saklarnya karatan kang,dibongkar diamplas atau di semprot 4wd dulu kalo males bongkar dicelah2 tomblnya

dyki - Juli 22, 2016

Mau tanya

2. 46@sukses.com - Mei 10, 2013

Maaf,pertanyaan sya di atas gk nyambung dgn judul artikel..

thedeadbone - Mei 10, 2013

sudah takdirnya mungkin itu

3. orong-orong - Mei 10, 2013

tanya gan, kenapa kebo ane tiap 2 bulan stoplamp pasti mati dari baru. tolong kasih pencerahannya.

ariblogmotor - Mei 10, 2013

pakai AHO nggak? kalo pakai AHO pasti begitu,mesti matiin AHOnya

orong-orong - Mei 10, 2013

iya gan AHO, kenapa semua pabrikan pakai AHO yg bikin boros ya

ariblogmotor - Mei 10, 2013

PEMERINTAH dech…. pabrikan cuma nurut peraturan aja,ganti saklar saja pakai byson lama cm 110ribu PNP

orong-orong - Mei 11, 2013

harus inden gan, ane tanya2 ke dealer2

old legion - Agustus 25, 2013

lampu stop lampnya apa lampu ekornya? Biasanya sh lampu ekornya! Stop lampnya waras2 aja! Pake lampu led aja kayak bajaj pulsar mahal dikit tapi jauh lebih awet! Apa kalo ga ada trik yang ane udah pake di vixion adek ipar ane yg juga mengalami kasus serupa dengan ente! Kabel biru yang mengumpan listrik ke lampu ekor di beri rangkaian dioda 2 biji secara seri! Lumayan bisa ngurangin tegangan sebanyak 2volt! Kalo lampu rem ga usah! Moga berguna! O iya vixion lama kalo mesinnya nyala tegangan aki bisa tembus 15volt maximum lho! Ga tau kalo byson

4. ninja 250 fi lover - Mei 10, 2013

kang,mio j kan DC,tpi mski knci kontak ON kq lmpu gk lgsng nyala y?hrs nyalain msin dlu,bru lmpu ikut nyala.trs kl mau ngerubah dari AC ke DC(misalnya mtr msh baru)apa akn menghanguskn gransi kelistrikan?suwun.

ariblogmotor - Mei 10, 2013

untuk lampu mio j pkai AC kang,contoh untuk lampu DC seperti old vixion

ninja 250 fi lover - Mei 10, 2013

klo diubah ke DC menghanguskan garansi kelistrikan gk kang?

kang ari - Mei 10, 2013

ya pasti karena ngrusak kabel dan ngrubah jalur listrik

5. Bhayu - Mei 10, 2013

Klo coba2 ganti ini itu kan butuh modal Kang. Ane Minta cara ukur tahanan kiprok & spull aja donk Kang Ari

ariblogmotor - Mei 10, 2013

iya kemarin lagi nggak sempet foto2 tahanannya,nanti kang ari kasih caranya coz lagi sibuk ngurus beres nich

6. kadalaspal - Mei 10, 2013

kang tempo hari b**t temen saya tiba2 kebakar pas lagi berangkat kerja kata beres ada yg konslet kabel bodynya. bagasi leleh keng untung di pinggir klmalang langsung disiram ama tukang ojek & warung sekitar. akhirnya ganti semua kabel body & aki emang sampe begitu kang konslet sampe bisa terbakar tuh. serem.
pencegahannya gimana kang?

ariblogmotor - Mei 10, 2013

Itu konslet parah,klo kanker otak sudah stadium akhir itu.
bisa terjadi bisanya kabel di terminal aki dari kiprok ada yang terjepit ke rangka sehingga menimbulkan percikan api.bisa juga kabel terkelupas di jalur kabel dari spul ke kiprok karena tegangannya masih tinggi.bisa juga sekring putus nggak diganti2 akhirnya rumah sekring meleleh.
biasanya sebelum konslet sudah ada tanda2nya,sekring putus dan karena didiamkan terlalu lama rumah sekring jadi meleleh dan semakin lama mengakibatkan kabel2 terkelupas karena panas yang ditimbulkan lalu kabel menyentuh rangka yang menimbulakan terbakar hebat.

kadalaspal - Mei 10, 2013

makasih infonya kang. btw pengecekan listrik & tetek bengeknya apakah dicek setiap service atau ada jadwal khusus kayak servis cvt misalnya. maklum kang jadi parno.
oh ya kang sy pake mio j kan ada indikator lampu perngatan yg kedip 2 kalo ada yg gak beres. itu menyangkut apa aja ya?
makasih kang semoga bengkelnya makin laris

Kang Ari - Mei 10, 2013

saat service berkala ada pengecekan klistrikan di sinyal lampu2 seperti sen,klakson,kondisi aki,sekring dll,
untuk sinyal lampu mil bisa di bc disini http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/02/27/mengenal-sinyal-kedipan-di-motor-injeksi/

7. Kurnia rizky - Mei 10, 2013

Masih aman.cuma mau nanya saja.lampu ac dirubah ke dc bisa nggak kang? Kalau bisa ongkosnya brp? Makasih kang.

ariblogmotor - Mei 10, 2013

bisa,rata jasanya 40ribuan buat ngrubah jalur kabelnya

8. Kurnia rizky - Mei 10, 2013

Makasih kang infonya

9. Albertus Christy - Mei 10, 2013

Mau tanya mas Arib, tegangan pengisi accu Motor Honda itu berapa volt yak?
Kok di motor Revoku saat mesin menyala cuma 7V DC dan saat gas diputar jadi sekitar 5V DC?
(pengukuran dengan melepas kabel pada accu)
Apa memang segitu?

Pernah coba mengukur gak mas?
Apakah semua motor honda bebek sama semua tegangan pengisi akinya?

ariblogmotor - Mei 11, 2013
Albertus Christy - Mei 11, 2013

Kok bisa ya? 😀
Kirain accu tekor gara2 pengisiannya di bawah tegangan accu.. 😀

Btw apakah tegangan pengisian accu tersebut sama dengan Supra X Injeksi?

Kang Ari - Mei 11, 2013

untuk tegangan pengecasan dari kiprok memang lebih rendah dari tegangan aki (itu sudah standar pabrikan),karena jika tegangan pengisian hasilnya sama dengan tegangan aki maka aki akan over charge,bahkan kang ari pernah nemuin sampai akinya meledak/jebol.
di umpamakan perut kita lapar (tidak makan nasi tapi ngemil cemilan)(aki=perut,tegangan=cemilan),saat perut lapar maka kita harus makan jika tidak makan maka perut akan kosong dan sakit(=aki soak).saat lapar maka kita akan makan cemilan sedikit2 jika sudah tidak lapar maka akan berhenti,tapi apakah kita bisa makan cemilan langsung banyak seukuran isi perut ?mulut nggak muat kan?.
untuk pengisian akibeda dengan supra injeksi,untuk motor injeksi pengisian lebih besar karena beban klistrikan di mtr injeksi lebih besar untuk menunjang kerja sisitem injeksinya yang butuh tegangan besar.

Albertus Christy - Mei 12, 2013

Oalah gitu to mas…
Sip2 bisa diterima ni… 🙂

Ngomong2 motor injeksi, butuh pencerahannya dong.. 😀
Gini, saya kan punya Supra X Helm In injeksi, nah di accu kan ada 6 kabel klo g salah (yg 2 besar2 buat pengisian accu klo g salah, yg 4 buat apa gak tau yg bwt injeksi yg mana).
Klo kabel buat ECU atau sistem injeksinya (kabel pada accu) itu kita lepas semua apakah harus set ulang?
Denger2 dari internet klo lepas kabel yang di Accu hrs set ulang? (gak dijelasin motor Honda termasuk atau tidak)

ariblogmotor - Mei 12, 2013

kabel itu buat seting injeksinya.jika kondisi mtr mati dan kunci kontak ‘off’ nggak perlu set ulang,

Albertus Christy - Mei 12, 2013

Bukan itu mas yang saya maksud..
Maksud melepas semua kabel yang ada di accu itu pengen tau hrs diset ulang apa enggak karena saya mau ganti accu sendiri karena accu saya sudah tekor..
(kalau ganti accu sendiri kan bisa memilih harga sesuai kantong mas.. 😀 )
Kalau ganti accu kan harus lepas semua kabel tu, kalau hrs diset ulang bisa2 setelah ganti accu malah motor gak bisa idup?? >__<

ariblogmotor - Mei 12, 2013

nggak perlu kang ,

10. yudha depp - Mei 11, 2013
11. kojiro - Mei 11, 2013

Kang ari.. Sya maw numpang tanya nih..
Nvl sya gnti knalpot racing, tp kadang” nembak gtu..
Walau jarang c.. Tp kadang” ad nembak..
Trus sya udah setel co +10..
Kra” dmna permasalahan nya yah kang?

ariblogmotor - Mei 12, 2013

permasalahannya ada di knalpot,kebanyakan yg ganti knalpot after market pasti ada nembaknya,itu nggak masalah,masih dalam batas kewajaran, karena untuk knalpot after market tdk ada ‘honey comb cataliser’ yg berfungsi menyaring sisa bahan bakar terutama campuran bahan bakar yg tidak ikut terbakar agar menghasilkan gas buang yg ramah lingkungan, karena knalpot tdk ada honey comb cataliser maka campuran bahan bakar yg tidak ikut terbakar jadi terbakar di knalpot dan menimbulkan ledakan (nembak2).

kojiro - Mei 12, 2013

Oohh.. Begitu kang..
Wah jd msh wajar yah klo gtu..
Thx kang atas penjelasan nya..
Mantap bgt dah nih blog.. Hehe

Albertus Christy - Mei 12, 2013

Apakah ‘honey comb cataliser’ dapat diganti?
Soalnya di motor Injeksi (Supra X Helm In) juga ada katalisnya..
Yang jadi permasalahan kalau bahan bakarnya menggunakan Premium bagaimana?
Soalnya Premium belum tanpa timbal, jadi kalau masih menggunakan timbal akan menempel pada katalis tersebut sehingga lama-kelamaan akan menumpuk dan menjadi tebal.. >_<
Apakah ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut selain menggunakan Pertamax?
(Karena Pertamax sudah tanpa timbal).

ariblogmotor - Mei 12, 2013

mtr injeksi disarankan pakai pertamax tp jika pakai premium efek di catalizer memang meninggalkan kerak tp itu dalam jangka waktu yg sangat lama kang,selama old vixion kluar,byson,belum ada keluhan ttg knalpot

Albertus Christy - Mei 12, 2013

Oh..begitu ya..
Makasih banyak atas jawabannya… (y)

12. ndawul - Mei 12, 2013

mas shogun 110 punyaku akinya sering tekor, pdhl dah sering gonta gati aki. terus lampu jg redup, klakson nggak keras pdhl dah di ganti baru.. kira2 apanya yg bermasalah ya?

Kang Ari - Mei 12, 2013

ke bengkel cek kiproknya kang,

ndawul - Mei 12, 2013

kiprok dah pernah ganti pake yg kw, itu jg ngaruh ke aki yg bikin aki mati kah?

ariblogmotor - Mei 12, 2013

pasti kang,kang ari setiap nemuin kiprok kw pasti bermasalah semua,harga murah tp nggak ada solusinya

ndawul - Mei 13, 2013

sekalian nanya kang, kiprok honda grand bisa di pasang ke shogun nggak?

ariblogmotor - Mei 14, 2013

bisa ngrubah posisi kabel kang

teguh - Desember 19, 2016

Ini sama kyk shogun 110 gw persis kyk gitu, yg jdi mslh kiprok n sepull, kl di ganti ori n kw ap ada kulitasnya kh ? Punya ku sering mati2 trz kl d geber lampu stop n riting sering mati itu pengaruh dari mna kh ?

13. Ujang Nurdin - Mei 13, 2013

Kang Ari, ada motor dg lampu Dc, tp dg smart AHO. yaitu, pada kunci kontak on ketika mesin blm idup, lampu utama blm nyala, tp ketika mesin nyala, maka ada sensor yg memerintahkan lampu utama nyala. Tujuannya biar aki tidak terlalu berat beban untuk menghidupkan starter.

ariblogmotor - Mei 13, 2013

belum pernah dengar tuch…

14. yanuar - Mei 13, 2013

all brother mau tanya dong ninja rr 150 ane punya masalah berikut ini kira2 apa yah masalahnya:
1. Lampu depan redup ( kalau dinyalain agak delay gitu baru nyala dan redup)
2. motor beberapa kali mati sendiri (nyalainnya gw buka tanki dan senggol daerah koil baru nyala)
3. klakson kalau lampu depan dinyalakan bunyinya gak nyaring
4. kabel panas waktu itu pernah berasa kabel panas tp skrng sdh hilang

thanks yah sebelummnya

ariblogmotor - Mei 13, 2013

oke cb kang ari kasih pencerahan
1.lampu redup,nyala tp dinyalain agak delay bisa pengaruh dr kiprok,
2.mtr mati,tp buka tangki mtr nyala lagi kemungkinan lubang angin/hawa di tutup tangki sdh mampet jd bensin tidak turun,bensin bisa turun setelah tutup tangki di buka karena saat lubang hawa mampet kondisi tangki jd hampa udara yg mengakibatkan bensin tidak bisa turun,biasanya jika ttp tangki mampet pd saat ttp tangki di buka terdengar ada suara ”cess” dan ada hembusan angin keluar dari dalam tangki. jika coil di senggol2 mtr nyala lagi ada 2 kemungkinan yg pertama rumah busi sudah tdk bs menghantarkan tegangan listrik secara maksimal dan yg kedua koilnya yg sudah mulai lemah.
3.klakson kalau lampu depan dinyalain jd cempreng biasanya kondisi aki yang sudah soak,cek tegangan aki harus 12v,dibawah 12v pasti klakson cempreng.
4.kalo kabel panas brarti ada yg konslet ,perlu di cek lebih lanjut.

yanuar - Mei 15, 2013

berarti motor ane kiprok aki coil lemah semuanya yah?

ariblogmotor - Mei 15, 2013

di cek ke bengkel dulu saja kang

15. afris - Mei 13, 2013

kang ari, mtr ane vario thn 2008 beli second. . lampu mtr sekitar seminggu ini selalu putus, wkt di cek bengkel ternyata soket kabel lampu menggunakan kabel yamaha dan kiprok yamaha stelah ane ganti soket honda n kiprok honda.. belum ada 1 jam lampu udah putus lagi. solusinya kang. .

ariblogmotor - Mei 14, 2013

bawa ke beres dan posisi kabel di kembalikan seperti semula kang,posisi kabel kiprok honda dan yamaha ada yg beda.

16. Adrian Lingga Juna Pratama - Mei 16, 2013

misi. suhu, disini newbie numpang tanya, klo misalkan kabel lampu hijau putih sama abu di soket putih di putus. efeknya bakal ngerusak part lain ga? misal cdi atau spul / konslet dll. jadi ane mw jadiin lampu aho jadi mati. on/off nya di saklar lampu jauh dan lampu deket. satria fu 2012
thnkss 😀

ariblogmotor - Mei 16, 2013

nggak ada efek ke cdi /spul kang.

Adrian Lingga Juna Pratama - Mei 16, 2013

berarti aman nih gan? ga ngaruh sama cdi/aki/kiprok/spull dll gitu yah heheh
soalnya kalo gw sambungin lagi ke tuh kabel ke masing masing pasti jadi ON truss alias aho
jadi saklar on/off nya lampu jauh nyala lampu deket mati gitu :v
Tq

17. Albertus Christy - Mei 17, 2013

Kalau artikel ini membahas lampu yang redup menjadi terang kalau saya mau tanya gimana caranya agar lampu yang terang bisa menjadi redup 50% dari kondisi asli..
Critanya mau buat DRL kayak motor2 tetangga yang menyala di siang hari tetapi cahayanya hanya 50% sampai 70%, kan lumayan bisa membuat lampu menjadi lebih awet (pikir saya).
Klo menggunakan resistor bisa gak ya kang?
Spesifikasi lampu 12V 50W.

Kang Ari - Mei 17, 2013

walah,kang lum pernah buat.jadi nggak tahu spesifikasi

Albertus Christy - Mei 17, 2013

O..gitu ya..
Sip deh gapapa… (y)

18. alber lubis - Mei 18, 2013

sya mau tnya,kretany mx tapi lampu dpannya sangat redup,cuma ada tanda hdup z,kiprok dah ganti bru,tpi gagal jga,truz klo aki dicopot mesin gak mau hdup,apa ada yg konslet ato gmn?

ariblogmotor - Mei 19, 2013

Itu ada tanda2 spul mati,

alber lubis - Mei 19, 2013

gejala spul mati,knapa it gan,tadi dah dibuka memang terbakar,tapi tetap juga law aki dicopot mesinnya mati,

ariblogmotor - Mei 20, 2013

gejala spul mati,bohlam sering putus dan untuk pengapian dc,jika aki dilepas maka mtr mati. klo seperti ganti spul dan kiprok yg asli.

19. kuat - Mei 30, 2013

Kang ari, aku mw tanya nih…
gimana cara aman pasang saklar tambahan untuk motor vixion 2011….
nuwun

ariblogmotor - Mei 30, 2013

saklar tambahan buat apa?

20. arjaunSyi - Juni 10, 2013

kang honda beat-fi ku yang standarnya pake stanley 32/32wat kalo aku ganti pake Philips M5(versi kardus) yang 35/35wat kira2 aman ngak yah ke reflektornya… sering denger2 kalo halogen lebih panas dr bolhlam biasa.. thx kang.

ariblogmotor - Juni 10, 2013

halogen ya… jgn dech,bikin reflektor meleleh.

21. zulkipli - Juli 2, 2013

Kenapa hilang pengapian d kabel busi kuilnya ?

ariblogmotor - Juli 2, 2013

1.cek koil
2.cek cdi
3.cek spul
jika masih tdk ada api kemungkinan kbel body putus

22. Dito Muhammad - Juli 6, 2013

mau nanya kang saya punya motor satria lampunya lemah.. padahal kiprok, sama spul baru di ganti.. ituh kenapa ya kang..?

ariblogmotor - Juli 6, 2013

kalo kiprok dan sul sdh ganti kemungkinan kabel bodinya ada yg konslet atau/mau putus.mika lampu msh bening nggak…?

Dito Muhammad - Juli 7, 2013

mika agak butek kang… tapi lampu nya tiba2 redup gak kaya sbelom nya.. barti saya harus cek kelistrikan lagi ya.. ?

ariblogmotor - Juli 7, 2013

betul,hrs cek klistrikan lg

23. Chupytea - Juli 7, 2013

Kang ari mohon bantuanya Motor cb ane dh pake pulser,cdi sogun,pake aki,kiprok pake smash,spull dh di lilit jdi 12v,tapi tiap lampu nyala motor ga ada larinya,brebet,leher knalpot nyala seperti bata merah trus mati,stlh nunggu beberapa menit motor ane idupin,trus nyala lagi,tapi kl lampu di nyalain brebet lagi ga bs lari,trpaksa ane jalan gelap2an,stlh itu paginya ane putusin buat ngambil lampu langsung dari aki,allhamdulilah mesin normal,tapi tiap nyalain lampu brebet ga ada larinya,aki juga ga ngisi,alhasil skrg aki abis lampu jadi ga bs terang,tapi mesin normal kalo ga ngidupin lampu..
Itu knapa ya?

ariblogmotor - Juli 7, 2013

lilitan spulnya kurang banyak,pasokan setrum jd kurang

24. rosuliandi - Juli 7, 2013

Siang kang ari..mau nanya nih kang..motor revo bapak saya suara klaksonnya kecil banget..kadang bunyi kadang tidak..tapi nyala lampu,starter,dan lampu sen semua normal..aki pun sudah diganti baru,klakson jg sudah 2x ganti yg baru pakai orinya tapi suaranya masih kecil jg, switch klakson ga kenapa2,saya langsungin yg dikonektor switch ternyata jg masih kecil n kadang ga bunyi sama sekali..kl ky gt kira2 apanya ya kang,apa jalur kabelnya ada yg putus ata gmn ya kang..?

ariblogmotor - Juli 7, 2013

klaksonnya disetel dl,ke bengkel saja minta diseting setelan klasonnya

rosuliandi - Juli 7, 2013

Yg ada baut kecil di klakson itu kang ya..ok deh kang saya coba dulu..makasih kang

25. Dasa Augusta - Juli 11, 2013

wah jupi mx saya, tahun 2006 juga punya masalah sama kang, lampu depan makin lama makin redup. saya coba ganti kiprox kl gitu ya kang?
thanks infonya

26. hari ramadhan - Juli 11, 2013

mau tanya ni kang motor saya satria fu kenapa ya lampunya tiba2 redup tiba2 terang walau pun sedang digas

ariblogmotor - Juli 12, 2013

biasanya soket bohlamnya meleleh.

27. Jupi red - Juli 12, 2013

Numpang tanya mas, ini motor sata jupiter tahun 2001 kenapa ya kontak keadaan mati tapi masih bisa di stater?
Bahkan konektor ke kontak saya cabut tapi masih bisa di stater, kira2 apanya ya mas?

ariblogmotor - Juli 13, 2013

jupi pakai pengapian ac,itu kabel warna hitam-putih putus,belah kabel bodinya cek kabel warna hitam-putih diurutin dari kunci kontak

28. cobracat - Juli 21, 2013

mas motor vega R 05 saya redup, udah ganti kiprok (yg abal2 sih) msh redup jg. saya coba kiprok dilepas terus nyalain, redupan lampunya sama dengan pake kiprok. jadi pake gk pake kiprok redupnya sama aja. itu kendalanya apa ya mas? apa perlu beli kiprok ori?

ariblogmotor - Juli 21, 2013

itu perlu kiprok ori dan spulnya jg…

cobracat - Juli 22, 2013

ralat kang, waktu ane cabut kiprok terus ane gas terang melebihi ada kiprok. tapi cuma saat di gas aja. kalo gk di gas kecil ampir mati, pake kiprok juga gitu kecil ampir mati gan. bedanya kalo di gas redup. spul nya kena jg gk ya?

ariblogmotor - Juli 22, 2013

sepul juga kena itu…

cobracat - Juli 22, 2013

terus klaksonnya mbrebet jg kayak aki soak padahal baru itu. gimana gan?

ariblogmotor - Juli 22, 2013

klason bisa disetel,di klakson ada baut kecil banget disitu letak setingnya,minta mekanik untuk setel

29. sodek - Juli 21, 2013

mau tanya kang kenapa ya lampu fiz r ku jika di gas gede lampunya langsung putus semua, , ,

ariblogmotor - Juli 21, 2013

cek kiprok dan sepulnya.

sodek - Juli 23, 2013

thanks atas penjelasannya kang, , ,oh ya aku jg mau tanya lagi kang kenapa ya fis r ku kalo di gigi 2 sering nyadat2, , ,padhal klo gigi 1 3 4 biasa aja kang, , ,

30. bogelz - Juli 23, 2013

bro,aku mo tanya nih.mudah mudahan ada pencerahan.motorku tiba tiba mati saat jalan.begitu aku cek sekring putus.kuganti pun langsung putus terus.sambung tanpa sekring cdi panas bgt.tapi begitu kupasang sekring,cdi lalu kulepas tidak konslet.tp kalo cdi kupasang,soket dari spul kulepas juga tdk konslet..nah kalo soket spul dan cdi kupasang,lalu socket kekontak kulepas pun tdk konslet.kabel2 kuperiksa ga ada yg luka.kira kira apa yang eror bro..?padahal baru dua minggu aku ganti pulser.apa mungkin cdi dan spul bisa konslet?mohon pencerahannya bro…

31. old legion - Agustus 25, 2013

emang kalo vario tuh pake kiprok yg sejenis dgn kiprok yamaha dan suzuki! Bisa di cirikan dari soket yang berada di body kiprok! Kalau soket berwarna hijau, berarti sejenis dgn yamaha dan suzuki, kalo socket berwarna hitam berarti sejenis dengan mayoritas motor honda dan kawasaki! Biasanya penyakit soket kiprok tuh ada di terminal kabel kuning atau hijau yang agak longgar alias ngepong! Efeknya sama aja, overvoltage, alias kelebihan tegangan! Yang menyebabkan lampu umurnya jadi pendek!

32. gang buntu - September 14, 2013

Gan….gmn crnya kl ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ pasang lampu utma satria lgsung nyala ketika kunci nya on…biar ky megapro..
“̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮
Thanks

aripitstop - September 14, 2013

gampang kok ,kabel setrum lampu dipindah ke kabel positif kunci kontak…

33. Gari Baldii - September 17, 2013

mau tanya kang , motor saya(thunder) mati total .
terus kata si bengkel akinya soak .
terus saya udah ganti aki yang baru , udah ke dealer udah service tapi kondisi motor masih sama.
1. Motor tidak bisa di starter .
2. Dinyalakan harus ke netral dulu (di engkel).
3. Lampu Redup
4. Klakson bunyinya kaya mbe .

solusinya gimana ?
apa penyebab dan bagaimana cara memperbaikinya .
(sebenernya pengen ganti ,tapi belum ada dana) 🙂
terima kasih ..

34. aries aprizal - Oktober 4, 2013

sy mau tanya kang..kenapa jupiter z th 2008 sy..kalau rem di injak (rem depan maupun belakang) lampu utamanya berkedip maksud sy meredup sebentar..trms..

35. yayat - November 16, 2013

bang,, kenapa lampu motor Ninja R sy redup jika di gas,, apakah itu jg trmasuk kiproknya bermasalah.. mohon dgn sangat penjelasannya.. thanks before

36. Soeharto Jooss - November 19, 2013

misi kang,mo tanya
motor skydrive
1. lampu utama ac atau Dc? klo di on mesin dlm kondisi mati lampu g nyala,klo posisi mesin hidup lampu utama nyala.
2. starter otomatis hanya bunyi ck..ck.ck ky mau hidup tp g ngangkat,klo diulang smp 2-3 kali dinamo g bunyi sm motor g mau nyala..
…posisi kontak on lampu sein nyala,kedua rem ditekan klakson dipencet bisa bunyi dg nyaring,indikator sein di dasbor juga ga meredup.tp knp motor g bisa distart pk starter otomatis,apakah saklar? (tp dinamo bisa bunyi meski g ngangkat)dinamo?bendik?aki soak?tanya dulu sblm ganti part drpd mubazir..nuwun kang.

37. Sigit - Desember 27, 2013

mantap mas ilmunya.. 😀

38. Ardiansyah Irfandii Ipayy - Januari 17, 2014

maaf bang,motor saya ninja r,kalo power naik lampu malah redup,tapi kalo power turun lampu terang,meskipun power naik lampu ga putus” itu masalah apanya ya bang? tolong di balas

aripitstop - Januari 17, 2014

Ada krmungkinan spul dan kiprok bermasalah

Ardiansyah Irfandii Ipayy - Januari 17, 2014

ouw,bgtu ya bang,mksih ya bang atas infonya

Ardiansyah Irfandii Ipayy - Januari 17, 2014

kalo kiprok ninja kira” brapa harganya bang? sama spul brapa?

39. lawu - Januari 17, 2014

kang mw nanya nih vixi 2010 sy da mslh klo rem dpn/blkng dtekan,,lampu dpn dan lampu speedo’y jd redup/ngedip,kira2 apa ya kang?,sekring ama rumah’y dah dganti aki jg dah dcas tpi ttp ja ga da prubhn,vixi yg 2012 jg smpt da mslh gtu tpi ganti skring da sembuh.

aripitstop - Januari 17, 2014

Cek bohlam blakang putus g? Ato ganti bohlam rem,biasanya putus dan konslet

lawu - Januari 17, 2014

bohlam rem jg sdh dganti kang tapi ttp ja ga da prbahan.

aripitstop - Januari 17, 2014

kalo begitu bisa dari kiprok… kondisi seperti itu karena sistem pengisian tidak bekerja nornal

40. lawu - Januari 17, 2014

Kiprok harga’y brp kang?,ready pa hrs inden dl kang,oia kang klo mtor’y dpake jalan jauh gas’y dpantengin diatas 5rb rpm lampu speedo’y trang tpi klo brhnti/idle lgsg redup lg.

aripitstop - Januari 17, 2014

Ya. Kiprok ready harganya 251 rb

41. lawu - Januari 17, 2014

maaf kang mw nanya lg nih,,ada kwan blg kiprok vixi bsa di subtitusi sma kiprok byson bner ga tuh kang?.

42. ardhi - Januari 22, 2014

gan mau tanya,,,,,
lampu satria fu ane mati total, itu karena soket (kuning)yg dari mesin ke batok,panas banget,,,,,
gmna cara memperbaiki’y gan,,,,,???
trma kasih,,,,!!!!

aripitstop - Januari 22, 2014

biasanya berawal dari klebihan beban/accesories klistrikan.
kalo tdk pk accesories ,cek lht kondisi kabelnya biasanya sudah tdk tahan/tahanannya berkurang

43. fendi - Januari 31, 2014

kang ari saya mau tanya kalau lampu sein gk mau berkedip/menteleng truz tu selain kerusakan pada flaser lalu rusak apanya lagi kang….???

aripitstop - Januari 31, 2014

bisa bohlam sennya putus, kalo belakang kiri putus maka yang depan kiri tidak kedip.

44. Rey - Februari 3, 2014

kang ari mau tanya nih, saya pake motor tiara s, nah kenapa ya kalo di gigi 1 lampu redup + sen tidak menyala, tapi di gigi 2 keatas normal smua..

aripitstop - Februari 3, 2014

cek kondisi bohlam sppedometer atao ganti bohlam yg redup dl.

45. ardian - Februari 3, 2014

kang ari, mau tnya ni… Mtor saya new jupiter Z 2011….pngen gnti headlampy dngan lampu halogen autovision, tpi watt te”p 25w/25w,, amankah d’reflektornya kang.?
oya kan, kalo servis berkala di beres, smuanya pasti d’cek?

aripitstop - Februari 3, 2014

jangka panjang kemugnkinan besar meleleh mikanya.
service berkala dicek semua dan sesuai spk

ardian - Februari 3, 2014

owh brarti te”p bhaya y kang wlopun watt te”p standart 25. Soal’ny mau gnti itu juga ragu”..
Tpi andai ada part yg hrus d’gnti, mkanikny blang gak kang?
kmarin abis servis brkala kang… Slam knal kang, dri arek kota REOG.

46. Ray - Februari 6, 2014

mau nanya kang, motor scorpio thn 2007 saya aki nya baru belum sebulan, arus saya ganti dari AC ke DC, 4 hari pake masih normal, selanjutnya lampu mulai redup, tapi kalo di gas nyala terang, tapi kan arus nya sudah saya ganti ke DC bukan nya kalo DC lampu nya konstan yah kang?
saya bingung nih apa ada komponen yang rusak spul atau kiprok nya,??
mohon pencerahan dan bantuan nya kang ari..,
makasih

aripitstop - Februari 6, 2014

G kuat tuch akinya… Bs jd kiproknya lemah.

47. abdoel - Maret 3, 2014

ma’af nie kang maw tanya,jupiter mk ane kalo d teken remnya lampu sen menyala semuah tapi redup nyalanya,,,mohon solusinya,,,,kamasih

aripitstop - Maret 3, 2014

Ganti bohlam belakangnya…kemungkinan bohlamnya konslet. Meskipun bohlamnya msh nyala.

48. rava - Maret 6, 2014

hebat bget nech blog nya…brmanfaat skali….jd tambah bnyak ilmu….
salam kenal…sya tgu artikel2 lainya…

49. Afandi - Maret 7, 2014

Kang…… Lampu indicator ninin 250 FI Ane mendadak mati. Tapi kalo ninin dipake macet2an Dan mesin panas,indicator netral Akan nyala sendiri Dan begitu motor dimatiin sebentar trus dihidupkan lagi, indicator Netral ninin ga nyala lagi. Dibawa ke bengkel Kawasaki Cengkareng, langsung disuruh ganti seperangkat panel dashboard seharga 2,2jt krn katanya ga bs di service.

Mohon pencerahannya,Kang….

50. PANDU PRABOWO - Maret 11, 2014

permisi mas.. mau nanya ni saya.. saya punya suzuki smash SR 2005 pelak racing. entah mengapa kemarin sudah ganti CDI baru.. lari nya kencang.. tambah akselerasi nya tapi top speed nya jadi cuma 80 … terus lampunya jadi redup.. sudah digas penuh pun tetap redup.. kalau memang masalah nya sama seperti yang diatas… artikel yang mas tulis… saya akan mencobanya. tapi kalau memang spull .. bagaimana kira2 solusinya ya mas?.. terus kalau bawa jalan jauh sekarang tombol saklar lampu jadi panas seperti mau terbakar… begitulah mas. tolong bantuan solusinya
terima kasih

aripitstop - Maret 11, 2014

Kalo multi tester cb cek dl tegangan yg kluar di soket bohlam lampu berapa volt? jika saat gas d geber 5000rpm tegangannya diatas 12 volt ato jauh d bwh 12 v maka ganti kiprok dulu

51. adhy - Maret 11, 2014

kang arif, motor mio j ane awlnya bisa nyala tp indikator jarum bensin gk naik pdhal bensin full . trus ane matiin. abis itu ane coba nyalain eh mati total, pd saat kontak sy onkan lampu indikator gak nyala, mati total, mohon pencerahannya kang. maaf ane awam bnget sama motor…

52. taqie - Juni 2, 2014

Kang motor ane ninja rr, kok lampu spedo nya redup ya, lampu utama,klakson dan sein gak masalah…
pas ane lihat aki nya kosong air nya..
tu apa krn aki kering apa ada masalah lain kayak kiproknya?

aripitstop - Juni 2, 2014

kemungkinan aki juga pengaruh… aki kering bisa kering
1. kurang perawatan.
2. kiprok sudah over charge sehingga setrum yang masuk ke aki berlebihan dan aki cepat panas

taqie - Juni 7, 2014

Udah ane isi air aki kok tetep redup ya,cuma kagak terlalu redup..
tapi pas di highbeam malah terang semua seperti normal..
kira2 apa tu ya kang

53. abe - Juni 15, 2014

kang ari klo mo fullwavin xeon karbu pake kiprok tiger. apakah skemany sama ma mio .ato gimana carany . thanks

aripitstop - Juni 15, 2014

skema sama ma mio…

54. Ant - Juni 23, 2014

Kang, mau numpang tanya…baru ganti lampu spidometer yg mati semua 4 biji. orisinilnya 3watt tapi ga nemu jadi ganti yg 5watt. Efeknya sekarang setiap kali pas ngerem lampu depan jadi redup. Aki juga baru ganti. motor dah tua taun 2006 cbr150. kira2 apanya kang? nuhun

55. didik - Juli 17, 2014

kang vegaku 04 pnya masalah gni,jk mesin nyala stasioner lampu gak nyala tp klo digas baru nyala,aku sdh gnti kiprok tp yg KW gak ad perubahan trs timah bohlam aku tmbhi timah lg tetep gak ad perubahan,pa spulnya yg hrs di gnti ya kang,mohon bantuannya.makasih

aripitstop - Juli 17, 2014

kiproknya jangan yg KW, klo yg KW sama saja bohong.
penyaktinya diantara dua, antara spul dan kiprok

didik - Juli 27, 2014

ada cara lain gak kang utk mengetahui kiprok aus selain pkai avo,suwun

56. asep - Agustus 29, 2014

Kang, mau nanya nih, mtor ane soul gt switch handle yg knan ane ganti pke mio yg lama, biar lmpu dpan bsa ane mtiin, nah pas kabel saklar lampu senja ane sambungin ke massa lmpu snja yg d dpan tpi klo ane pke lmpu snja yg led cpet bgt ptus kang lmpu nya bru 10 mnit d psang udh ptus, itu knp ya kang?
Klo lmpu utama normal2 aja kang.
Mhon pncrahannya kang.
Balas ya kang

aripitstop - Agustus 29, 2014

kebanyakn Bohlam LED butuh arus yang stabil, kalau lampu LED yang pakai jenis DC dikasih setrum AC pasti cepat putus. beli bohlamLED yang untuk arus AC

asep - Agustus 30, 2014

Oh gtu ya kang, tpi wktu msih aho normal2 aja kang

57. yogo - Agustus 30, 2014

om mau tanya..
motor ane klx, tadi lampu netral redup.
tidak bisa elektrik starter. tapi ane tekan klakson bunyi, terus lampu netral terang dan bisa di starter lagi. kira2 masalahnya apa ya om?
ane baru ganti aki tadi.
aki yg lama soak, teg tinggal 6v. problem yg sama pernah terjadi di aki yg lama. kadang lampu redup ane mainin tombol stop engine lalu terang lagi dan bisa di starter..

58. yogo - Agustus 30, 2014

om mau tanya..
motor ane klx, tadi lampu netral redup.
tidak bisa elektrik starter. tapi ane tekan klakson bunyi, terus lampu netral terang dan bisa di starter lagi. kira2 masalahnya apa ya om?
ane baru ganti aki tadi.
aki yg lama soak, teg tinggal 6v. problem yg sama pernah terjadi di aki yg lama. kadang lampu netral redup tidak bisa di starter terus ane mainin tombol stop engine lalu terang lagi dan bisa di starter..

59. Les Pinggir - September 2, 2014

kang mau nanya nih
mio sporty karbu, kontak di ON kan (mesin dalam keadaan mati), tekan ruas rem, nyala lampu speedo+rem langsung redup seperti gak ada cahaya, tapi setelah beberapa lama tuas rem ditekan nyala lampu speedo+rem akan nyala kembali..
klakson bunyinya gak normal, lampu sein nyala tapi gak kedip2…nyalain mesin pake starter sdh gak bisa…

kontak ON (mesin hidup), lampu sein bisa kedip2, lampu utama + rem nyala normal…setelah dipakai beberapa lama klakson bisa bunyi normal..

tapi klu mesin mati akan kembali seperti diatas..

kiprok atau akinya yg mesti diganti ya (aki MF baru 8 bln)

makasih kang

Daniel - Oktober 5, 2014

Aki nya itu coba dicek dulu

60. vay - September 12, 2014

Kang ari saya mau tanya… mtr saya vega 2005 saya pasang klakson model toak yg . Suara nah permasalahannya knp ya kalo mtr keadaan jalan klakson saya bunyinya kaya aki soak padahal baru ganti aki tp kalo mtr keadaan mati atau ga jalan bagus suara klaksonnya itu knp ya kang?

61. Mohamad Afgan - November 17, 2014

Ada saran apa nih kang motor saya NJMX kalau malam untuk penerangan lampu utama sering redup terang. . . Bohlam lampu belum setahun dan aki masih dirasakan normal terima kasih

aripitstop - November 17, 2014

cek kondisi kiprok dan soket kiproknya takutnya kebakar.

62. TOHAP - Desember 13, 2014

mas, aq punya masalah ne dengan FU q.
udah 3x ganti batre mas, karna mo di cas g ngisi lagi. trus bengkel bilang harus ganti kiprok, lalu q iakan supaya diganti, tp kiprok FU gak ada maka pakai kiproknya Smash. setelah di ganti, masalah timbul mas pada spido. pada saat mesin baru hidup kira2 30 detik (gas tinggi) sipido error atau mati. tolong mas pencerahannya. trims

63. gandyee excall to coitus - Januari 22, 2015

kenapa motor karisma saya lampu nya redup padahal kiprok nya bru lw lampu pendek nya redup lw lampu panjang nya seperti lampu pendek trang nya.

harry, probolinggo,jatim - Februari 15, 2015

askum,bang ari yg terhormat, sy mau tanya, motor sy shogun2003, lampux tiba2 redup sekali,malah lampu retingx yg menyala terang dua2x dpn &belakaang, sdh sy ganti keprokx masih tetep,trs strum dr spulx besar, kira2 bgmn cr mengatasix bang, trims sebelumx, wslm…

Kang ari - Februari 15, 2015

coba dicek kiprok dan spulnya,kondisi soket meleleh juga berpengaruh

harry, probolinggo,jatim - Februari 15, 2015

trims ats balasanx,soket lampu apa kiprokx? sy liat soketx gpp,yg sy heran kenapa lampu2 yg laen hidup semua, sy tambai masa ga pengaruh,bohlamx hidup,tp kecil sekali,,kyk lmpu senter kehabisan batrei,gmn ada solusi laen bang,trims sblumx

64. Hendra - Maret 15, 2015

kang ari, kalo lampu kita ubah dari ac ke dc bakal ada masalah g ya?trs mana yg lebih terang lampu ac atau dc?motor saya mx 2006. terima kasih

65. zhero - April 19, 2015

Kang bro..mtr ane cs1 thn 2008..aki ane baru kiprok di cek mash bagus.tp pd rpm tinggi saat ane ngerem speedometer ane mati ,( speedo meter digital,) lampu rada kurang terang.sekarg ndut2an..klo di gas rpm tinggi setelah ane pasang saringan karbu..mohon penerangan kang bro

Kang ari - April 19, 2015

Bisa dari Spull yang sudah tidak maksimal lagi,
Cek kondisi soket kalau kendor atau gosong juga berpengaruh, Oiya kiprok pastikan asli.
Dut dutan ketika filter udara, bisa karena kompresi mulai berkurang atau kondisi karburator yang tersumbat atau kotor. Coba naikkan satu step ukuran pilot jetnya

66. antok - April 20, 2015

Mau tanya kang, lampu depan jupi burhan saya gak nyala, cuma merah Dȋ̝̊̅ bagian bohlam saja,,
Kira-kira penyakit nya apa ya?
[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]

Kang ari - April 20, 2015

Biasanya spul lemah atau kiproknya

67. viewie white blog's - Mei 5, 2015

kang mio saya lampunya redup. klo belok ke kanan.. penyebabnya apa ya.. mio sporty 2007.. pernah kejadian juga sama mio kawan 2006..

68. khairul bahri - Juli 1, 2015

numpang nanya bang klo motor jupiter mx klo putaran tinggi nyala klo standar gak nyala mohon solusinya

69. rony - Juli 1, 2015

klo pingin lampunya terang spul di gulung dan jgn gnti kiprok dulu krn aku pnya pengalaman kyak gni sdh gnti kiprok tetep aj dan ternyata spulnya,smoga bermanfaat

70. Zack - September 21, 2015

makasi infonya gan, lampu ane redup, berapa harga kiprok gan??

Kang ari - September 22, 2015

Sekitar 130ribuan

Zack - September 22, 2015

udah saya ganti, namun saya memakai kualitas sedang harga 65 ribu

71. rizky - Oktober 12, 2015

Kalo lampu sein vario kadang hidup kadang mati itu apa masalah nya

Kang ari - Oktober 12, 2015

Bisa nasi dari relaynya sudah eror

72. Ramanelovy - Desember 13, 2015

Bangbro,,kelistrikan jupiter 2003 sy tau2 mati tuh knp ya?

73. fadil - Januari 4, 2016

mau nanya gan kenapa ya lampu depan ninja 150cc kadang redup kadang terang saat digas akan redup tapi kadang juga terang udah diganti spuul tetep aja begitu

74. yoga - Februari 14, 2016

mas. mau tanya? mtr sya ninja r. knp di gass dan setiap beli bolam baru langsung nyala terang kemudian putus. sampai lampu sepedo ikut putus. kira kira apanya ya ms??

75. aditya - Maret 8, 2016

kenapa sepeda gren saya tiap sebulan sekali ganti lampu

bls

76. ricky - Maret 10, 2016

Lampu motor ane redup.klakson bunyi g keras.reteng redup kiprok baru aja diganti sekitar 2bulan ada masalah ape y gan.mintapenjelasannya.thank

77. khurniaresthu - Maret 15, 2016

makasih atas informasinya gan,jadi tahu saya sekarang

78. albert - Juli 25, 2016

Kang minta no kontak tlp dong,,,vario125 fi sya sdh ganti aki pas umur mtr 2thn,,ganti bln April 2016,tp kemarin 19 Juli 2016 dh Soak akinya dn harus ganti aki lg,kmrn sy ganti aki Yuasa,hari ini lampu mtr kadang berkurang terangnya saat rem atau sen di tekan..apakah kiprok sya rusak atau ada kendala dimana..mohon pencerahannya

79. Heru - Agustus 2, 2016

Kang Ari mau tanya, vario techno 125 sya knp ya indikator bensin dan lampu senja nyala padahal posisi kontak off tapi klo rem diteken baru mati dan jarum spedo malah naik sendiri kaya di hidupkan tp klo rem dilepas dia nyala lg lampu senja sama indikator bensinnya, kira” knp ya?

aripitstop - Agustus 2, 2016

Ada yang konslet itu, cek juga bohlam rem belakang mungkin konslet

Aviv - Agustus 24, 2016

Mas mau tanya kenapa kebo saya lampunya terlalu terang dan terlalu keatas nyorotnya,gimana cara mengatasinya ya mas

aripitstop - Agustus 25, 2016

terlalu terang ? bohlamnya mungkin terlalu besar dayanya
kalau nyorotnya ketas tinggal dieting saja kebawahin

80. Muhamad Dalin - Agustus 28, 2016

Mas mau nanya nihh,motor ane soul gt,sudah hampir 5 bulan saya ganti lampu LED,tapi akhir* ini lampu speedo sama lampu LED nyaa kadang redup kadang terang tapi lampu senja nyaa tidak apa*,arus lampu sudah di ubah ke DC

aripitstop - Agustus 29, 2016

cek kondisi kiproknya, aki juga pengaruh

81. Muhamad Dalin - Agustus 29, 2016

Motor saya baru kang belum ada setaun,aki nyaa enggak apa* kayak nyaa kang soal nyaa di stater normal dan kuat ajaa,apaa bukan pengaruh sambungan* nyaa yaa kang?

aripitstop - Agustus 30, 2016

bisa juga dari situ

82. stick - Agustus 29, 2016

Ada yg pernah ngalamin lampu depan kalo gas tinggi baru nyala. Kalo gas rendah dan sedang gak mau nyala. Lampu yg lain normal, sein, lampu belakang, dll.
Tolong penverahanya mas bro….

83. Ryan - September 27, 2016

mas mau nanya..
old vixion ku kok lampu utama, lampu speedometer mengikuti putaran mesin ya mas?
dan satu lagi, saya pasang lampu tembak, kabel langsung ngambil dari aki, tapi malah ngikut putaran mesin juga, lampu tembak juga satu kabelnya ngambil ke lampu utama..

kira kira apa yang salah ya mas?
aki masih hitungan ±6 bulan.

aripitstop - September 27, 2016

kemungkinan ada kabel yang konslet, coba lepas bohlam belakang dan nyalakan lagi, kalau masih abnormal minta cek bagian kabel2

Ryan - September 27, 2016

ok mas terimakasih..

tapi ga ada pengaruh dari spul kan mas?

84. abdurrofiq - November 15, 2016

Kang mau tanya rx king saya ,pas di hidupin saklar lampunya terang ,trus kapan di rem lampunya redup ,masalah nya pada aoa ya,minta solusinya,kang

85. teguh - Desember 19, 2016

Kang motor ane shogun 110 sering mati lampu di bagian lamu stop n lampu sein kl d geber2, trz lampu utama redup apakah yg terjadi bisa kiproknya kh apa sepulnya, kmrin kiprok ane ganti tpi sama aja n kiprok kw n sepul kw ap gk jamin ya kang

aripitstop - Desember 20, 2016

klo kiprok sudah diganti berartispulnya yang sudah konslet

86. Mada Satria - Desember 26, 2016

Mas ari mau tanya,vixion 2011 saya lampu depannya redup,sein juga kadang idup tapi redup,distater elektrik juga gak mau hidup itu kenapa ya?

87. yannuwar - Desember 28, 2016

kang supra 2003 ane juga sama lampu headlamp klo dinyalakan redup, ganti lampu baru juga sama redup, apakah sama harus ganti kiprok, klo boleh tau tempat kiprok sebelah mana ya kang???thx

88. mind90 - Januari 1, 2017

Kalau kendala saya, Lampu dekat sering mati sendiri tapi ketika rpm dinaikkan akan nyala kembali atau dengan cara menyalakan lampu jauh kemudian dikembalikan kelampu dekat terkadang bisa nyala lagi lampu dekatnya. Aki dan lampu belum lama diganti. Kira-kira kenapa ya?

89. Jovi Anka - Maret 27, 2017

Mau nanya gan,,sy pny masalah nih,,motor sy new blade 125,,lampu dpan AHO tp masih AC,,sy rubah ke DC plus pake relay,,bohlam nya sy ganti LED PNP,,yg jd masalah kalo idle lampu nyala normal,tp kalo di gas nyala lampu jadi redup,apa nya yg salah ya ga ? Mohon pencerahan nya gan, trims

aripitstop - Maret 27, 2017

Pengisian aki nggak balance, coba ganti kiprok tiger

Jovi Anka - Maret 27, 2017

Ok..Makasih gan info nya

90. mas puji - Maret 30, 2017

Kang ari bs kah minta pin bbnya biar enak tanya tanya atau wanya kang

91. Dicky - April 9, 2017

Mas ari…saya minta susunan kabel soket kiprok F1zr dong…..motor saya kabelnya amburadul dimakan tikus….

92. Rohman - Juli 30, 2017

Saya motor mio j lampu redup dh gnti bohlam mash redup tpi ga mati itu kira kira apa, y bos


space for ads

%d blogger menyukai ini: