Waktunya Ganti Laher Komstir Xeon

P1050347

Gimana kabar hari ini kang bro ? kali ini kang ari mau kasih info jika stang dimotor xeon kang bro terasa nggak enak handlingnya. Pada saat motor diajak jalan terasa kaku di stang,motor terasa geal-geol karena kaku dan stang seperti melawan saat hendak mau belok itu tanda2nya ban kempes (ban sudah gundul) atau faktor leher komstir/stang sudah aus.

Kita cek kondisi alur ban luarnya dulu kang bro terutama ban depan,jika sudah gundul kemungkinan besar itu penyebabnya atau hanya bannya kempes.Tapi jika kondisi ban masih normal langkah selanjutnya melakukan pengecekan kondisi laher komstir,cara paling mudah yaitu pada saat motor di rem depan akan timbul bunyi ”klek-klek” itu tandanya laher sudah mulai aus.Yang kedua motor kita standar tegak (standar tengah) kemudian ban belakang kita tunggingin agar roda depan naik,setelah itu stang kita putar ke kanan-kiri jika pada saat kita gerakkan ke kanan-kiri stang terasa berat (agak berat) itu tanda2nya setelan laher komstir terlalu kencang murnya. Jika setelan laher komstir kekencangan kang bro minta mekanik untuk dikendorin,tapi jika sudah disetel kok masih saja tidak bisa kembali normal maka harus ganti laher komstirnya.Biasanya laher komstir sudah oblak/aus usia 3 tahun keatas,tergantung dari cara pakai dan kondisi lingkungan,jika kondisi jalan banyak rusak/gelombang maka laher komstir cepat aus,begitu juga kalau cara pakainya salah jika ada lubang atau poldur maen di hajar saja.

P1050344

kondisi rumah pelor komstir sudah aus

P1050346

kondisi pelor dan dudukannya sudah aus,biasanya jika sudah berumur 3 tahun keatas tergantung kondisi jalan dan cara pakai

Kali ini kang ari jelaskan untuk motor xeon,bentuk laher komstir motor xeon sama persis dengan vixion dan mio ,untuk nomor partnya  :

93399-99961 BEARING (5BP4) SCORPIO/SCORPIO     352.000 V-IXION
5TL-WF341-10 (KIT) RACE BALL KIT 2 (MIO)       58.000 MIO

laher atas subtitusi motor mio harganya 58 ribu dan untuk yang bawah subtitusi motor vixion harganya 352 ribu.Lumayan harganya…

P1050354

Kang ari sarankan untuk penggantian laher komstir partnya yang assy jangan eceran karena jika eceran jatuhnya akan lebih mahal.

Untuk pemasangan silahkan ke bengkel langganan kang bro,semoga bermanfaat.

P1050342P1050345 P1050350 P1050341

P1050343P1050351P1050352 P1050353

Nitip promosi halaman baru http://ariblogmotor.wordpress.com/prestasi-kang-ari/

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di posted by ari. Tandai permalink.

45 Balasan ke Waktunya Ganti Laher Komstir Xeon

  1. mtrq 8 thn,komstir msh normal.

  2. raden bagus berkata:

    mahal ya xeon

  3. nvl 12 berkata:

    info bagus kang

  4. maju sakti berkata:

    satu kata ” juuuoooos”

  5. ningnong berkata:

    jadi substitusi vixion bisa pakai punya mio kang?

    • Kang Ari berkata:

      laher komstir vixion yg atas itu mlah pakai mio/moped yamaha kang,untuk yg bawah hanya bisa pakai punya vixion sendiri tapi dipakai juga buat xeon

  6. arifin berkata:

    nvl’ku bru 2blan komstire dah bunyi ”klek” gt kl bwt ngerem dpan…

  7. Hari berkata:

    Kang, mau tanya. Kalau setel komstir vixion. Baik kekencangan atau sebalik nya, apakah pengunci sok di segitiga atas harus di kendor kan?
    Terima kasih

    • Kang Ari berkata:

      betul kang harus dikendorkan baru disetel,setelah sudah disetel dikencengin lagi

      • Hari berkata:

        Kang, terima kasih penjelasan nya dan dpt pengetahuan yg benar. Karena pernah lihat di beres. saat stel tidak dikendorkan terlebih dahulu. Hehehe

  8. kadalaspal berkata:

    nais info mas
    bisa tambah cerdas nih mampir di blog kang ari

  9. Kurniarizky berkata:

    Soul ku masih aman.tapi shogun spku kayak yang mas ari tulis.tapi nggak ada bunyi klek.walau direm mendadak.ban juga baru,tapi tetep terasa ngebuang terus stangnya.opo yo mas?

  10. KEBAIKAN berkata:

    Selamat sore kang Ari, nanya boleh kan? Hehehe…

    NJMX saya keluhannya stir nya berat, handlingnya liar, kalo diduduki di blakang n stirnya digerakan ke kiri n kanan terasa berat kayak dijelaskan kang Ari di atas.

    KM nya 20rb n dibawa ke beres Yamaha, setelah dibenerin jadi ringan lagi tapi masalahnya setiap lewat poldur malah bunyi “tok” atau “kleg”, apa mungkin kelonggaran setingannya ya?

    Apakah komstirnya malah akan cepat rusak???

    Tengkyu kang, salam dari Manado. ^_^

    • Kang Ari berkata:

      kalo kondisi seperti…laher komstir sudah aus dan harus diganti,jika bunyi ”kleg” dihilangkan stang akan berat lagi.
      Harus ganti laher komstir kang,harganya 144ribu (assy atas-bawah) otr jkt,untuk manado mungkin beda dikit ini kode partnya
      5TL-WF341-10 (KIT) RACE BALL KIT 2 (MIO) 58.000
      156-WF234-10 (KIT) RACE BALL 2 (JUPITER) 86.000

  11. malambora berkata:

    kang ari sy punya jupiter z burhan 2008. Setirnya sdh bunyi2 klau lewat jalan lubang. Terus kalau dibawa belok2 kyk oleng2. Itu trmasuk komstrinya ya yg rusak? Berapa kang harga komstrinya utk jupi z?

    • Kang Ari berkata:

      iya betul,
      5TL-WF341-10 (KIT) RACE BALL KIT 2 (MIO) 58.000
      156-WF234-10 (KIT) RACE BALL 2 (JUPITER) 86.000

  12. dony berkata:

    kang koq mahal amat ya?
    kemarenan itu sy ganti laher komstir honda blade cuma 65rb di beres honda, jasa nya 30rb.
    apa emang jauh lebih mahal ?

  13. beat fi berkata:

    Kang, saya pake beat FI udah 6 bulan, baru-baru ini stangnya kalo di belokkan agak berat dan kalo posisi lurus seperti ada yang mengunci, itu perlu ganti komstir atau hanya perlu di setel lagi saja komstirnya …. ?

  14. Eka Gamaz berkata:

    kang ari saya punya yamaha new vega r suka berisik klo lewat jln yang berlubang, trus klo pake rem dpn suka bunyi ” kleg “gitu , apkah itu komstirnya ya yg rusak ? berapa ya kira” harga komstir buat vega r new ?

  15. Eka Gamaz berkata:

    kode part komstir untuk vega r new apa kang ?

  16. dave berkata:

    kang klo buat matik jujuki masuk ga raceball kit nya? soalnya asli isi nya kek pelor sepeda ontel bgt gada susunan ring kek part yamaha itu euy…suwe urang

  17. juli berkata:

    ada trik buat memperkuat komstir motor yamaha gk, kang?
    kalo komstir x ride bisa di pasang di mio gk? soalnya x ride kan matic semi trail, ane kira part2nya khusus untuk lewat jalan2 rusak.

  18. juli berkata:

    tambah enak gk kang xeonnya abis ganti komstirnya??
    enakkan mana kang xeonnya waktu komstir dulu masih bener atau dah diganti komstir pake bearing punya scorpio kang??

    • ariblogmotor berkata:

      begini,komstir xeon itu subtitusi komstir scorpio jd nmr part dan jenis part komstir antara xeon dengan scorpio itu sama.

  19. Ping balik: Mudik Part 1,Persiapan Mudik Buat Motor Moped | ARI BLOG MOTOR

  20. eep saepulmillah berkata:

    kang!ada sebagian mekanik yang tau bahwa komsetir vega R new yang bawah bisa diganti dgn bearing biasa!nah saya mau tanya kode/tipe bearing tersebut berapa tanks

  21. bejo berkata:

    Ass. apa kbar kang Ari..
    ni scorpio sy komtirnya dah tnda tanda mnta ganti.
    jadi utk kesimpulannya ” laher atas pake mio dan laher bawah pake xeon “”
    apa bisa masuk ( presisi ) kang ?
    suwun.
    wass.

  22. bejo berkata:

    Ass. apa kbar kang Ari..
    ni scorpio sy komtirnya dah tnda tanda mnta ganti.
    jadi utk kesimpulannya ” laher atas pake mio dan laher bawah pake xeon “”
    apa bisa masuk ( presisi ) kang ?
    suwun.
    wass.
    balas.

    • ariblogmotor berkata:

      atas bawah tetap pakai scorpio kang.tidak bisa di subtitusi. untuk laher xeon itu subtitusi dari scorpio

  23. aarreeff berkata:

    foto mekanik e kok mirip langgananku,,,mas puji (bekasi) :-)

  24. vanskate_r berkata:

    gan,mohon bantuan nya jg lah.
    motor ane mio,klo di rem dpn kadang bunyi kleg padahal setelannya berat..
    trus rem belakang ane klo setelannya ane kencengin bunyi klotok2 tp klo ane kendorin sampai handle ga bunyi tp klo ane kendorin ane ga pake rem belakang gan,kusut nech gan..
    kasih tao dong gan,biasanya knp..

    • aripitstop berkata:

      yangpertama komstir sudah aus harus ganti baru.
      untuk rem belakang, coba bongkar dibersihkan lever chamshasft/ batang rem nya sekalian bongkar kampas remnya juga dibersihkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s