Advertisements
jump to navigation

Warna Asap Knalpot Menentukan Kondisi Mesin, Awas Oli Mesin Habis Maret 1, 2013

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

asap-motor

Asap yang dikeluarkan knalpot motor bisa berbeda-beda, hal ini karena kondisi mesin juga berbeda. Bisa juga warna asap knalpot menentukan beberapa kerusakan komponen mesin kendaraan.Jika melihat asap buang knalpot dengan warna berbeda, seharusnya memperhatikan hal tersebut untuk mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi pada motor kang bro.

Untuk itu ada beberapa warna asap knalpot yang bisa kita jadikan acuan mengetahui kondisi mesin kendaraan.

Asap knalpot hitam mengartikan mesin membakar bahan bakar terlalu banyak (boros) bisa karena setingan angin/co terlalu boros atau karena pengapian yang tidak maksimal. Hal pertama yang harus kita periksa adalah filter udara ,cek setelan angin karburator/co untuk injeksi,busi dan untuk motor injeksi cek komponen seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator dan .

motor berasap

Asap hitam biasanya mudah untuk diketahui dan diperbaiki, tapi borosnya bahan bakar pasti akan merugikan.Jagoan kang ari bilang kalo hemat ayah bisa kaya.

Asap putih pekat  disebabkan oleh mesin yang membakar coolant. Ini bisa jadi hasil kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin.Jangan pernah mengabaikan masalah asap berwarna ini. Kebocoran kecil dalam coolant dapat menyebabkan overheating dan resiko kerusakan mesin karena jika terjadi over heat maka kepala busi dan permukaan piston bisa meleleh.Karena air radiator terbakar maka didalam ruang bakar akan dengan cepat timbul kerak yang bisa menyebabkan kompresi jadi tinggi dan piston cepat aus karena tumpukan kerak bisa menggesek blok dan piston.

Munculnya asap putih kebiruan masih aman selama sifatnya masih tipis. Itu normal karena dari hasil penumpukan sisa oli di dalam ruang bakar saat motor nganggur lama /parkir. Asap semacam ini dapat menghilang dengan cepat,biasanya hanya keluar saat manasin motor di pagi hari.

0603078pjp

Jika kendaraan mengeluarkan asap berwarna putih kebiruan dan asap tidak hilang saat kita jalan, itu menandakan bahwa mesin motor membakar oli mesin. Penyebabnya adalah sil klep atau piston/blok yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Jika melihat asap seperti ini, periksa oli mesin secara teratur dan perhatikan pemakaiannya. Kerusakan yang nantinya ditimbulkan bakal membutuhkan biaya banyak dan harus segera ditangani. Oli yang bocor juga dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi kasar hingga akhirnya dapat merusak  komponen2 yang saling bergesekan seperti piston baret dan kampas kopling aus.Segera lakukan service besar agar kerusakan tidak merembet ke sparepart lain.

414245221b0b1851c82d61799db51d68ddf

Advertisements
Tags:

Komentar»

1. rizky gustian - September 4, 2015

knp motor saya pakai bensin pertalite pas waktu di jalanin motor nya knalpot nya keluar asap sedikit apakah asap itu kotoran”dari mesin?

Kang ari - September 5, 2015

Kalau warna asal hitam itu bisa jadi kotoran di mesin

2. rizki - Oktober 6, 2015

Bro rizki mtor ane jg sama di isi pertalite ngebul asep putih tiap pagi ane bwa ke bengkel trnya pas ane servis ada jupe mx baru yg sama penyakitnya pas dya nanya bensinya apa mas .? Saya jawab pertalite wah sama lgsg kuras skalian servis .ane udh khawatir smpe cek sil klep sma seher trnyata aman. Lawong mtor 2014 msa udh ngebul. Tlong kang bhas mtor yamaha ngebul kalo di isi pertalite. Udh bnyak korban skitar ane. Trmasuk ane sndri. Kya ada olinya gitu pertalite



%d blogger menyukai ini: