About these ads
jump to navigation

Vixion Mbrebet Setelah Mesin Panas,,,, Februari 21, 2013

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

Kang bro,,,,pasting kita nggak mau ngalamin motor kita mbebet bahkan sampai mogok,,, la sopo yang mau dorong2 motor sudah capek dan pasti tengsin pas dilihatin cewek cakep lagi,,,,kali ini kang ari kasih ilmu ”KENAPA VIXION SETELAH JALAN JAUH ATAU KONDISI MESIN PANAS JADI MBREBET BAHKAN ADA YANG MOGOK”

download (8)

 

Begini kang bro,,, jika motor vixion kang bro punya gejala2 seperti :

1.lampu utama jadi redup saat  kita nyalakan +- 10menit dan bunyi klakson jadi pelan,

2.jarum rpm di speedometer jadi naik turun saat kita nyalakan lampu utama,klakson,lampu sen,

3.aki jadi cepet soak,ganti aki baru tapi 1bulan dipakai sudah soak lagi,

4.motor setelah jalan lebih dari 3km mulai mbrebet

5.kadang2 pada saat kecepatan diatas 60km/jam rpm motor tidak mau naik lagi.

Tenang kang bro,,, kang ari kasih info top markotop,,,jadi pada saat kang bro ngalamin kejadian seprti diatas jangan panik dan tidak bisa dikibulin sama mekanik2 ‘jambret’,,,, 90% gejala2 itu bisa timbul karena pengapian terganggu disebabkan oleh tegangan yang masuk ke aki tidak normal,untuk vixion tegangan yang masuk ke aki saat kita cek menggunakan voltmeter motor dihidupkan lalu voltmeter colok ke aki harus menunjukkan angka 14volt,jika kurang dari 14V atau bahkan lebih dari 14V (15V ke atas)maka dipastikan ada yang tidak beres di pada sistem setrum yang masuk ke aki,ada bebarapa faktor kang bro,,,

1.lebih sering kiprok sudah lemah dan konslet ,solusinya jika kang bro punya temen yang pakai vixion juga coba comot kiprok di motornya lalu buat ngetes ,,,jika sembuh tinggal beli kiprok saja.kalau punya voltmeter tinggal diukur saja motor dihidupkan lalu colok volt meter ke aki,jika menunjukkan angka 14v berarti kasus selesai.

download (5)

2.yang kedua sekringnya lemah,tidak putus tapi ampernya dari sekring turun jadi tidak kuat menahan beban tegangan dan arus dari aki,saya anjurkan ganti sekring yang 20 ampere lebih baik ganti satu set berikut rumahnya.jika sudah diganti tetapi belu sembuh,,,lanjut,

download (6)

3.sepulnya sudah rusak,biasanya sepul bisa konslet karena menanggung beban yang terlalu besar seperti penambahan asesoris kelistrikan seperti lampu hazard,kunci rahasia,klakson keong,lampu utama punya mobil dll, untuk pengecekan sepul sebaikknya diserahkan ke bengkel resmi saja kang bro,,,

images (5)

4.fuelpum vixion kang bro sudah lemot,jadi kerja sepul jadi berat,fuelpump musti cek tekanannya kang bro,,,tekanan fuelpump vixion 224kpa,untuk pengecekannya hanya bengkel resmi yang punya alatnya kang bro,,,

download (7)

5.jika komponen diatas sudah di ganti semua tapi masih belum sembuh,,,,senjata terakhir ganti kabel bodynya,,,

Semoga masukan dari kang ari bermanfaat kang bro,,,, jika ada pertanyaan2 mengenai masalah di motor kang bro,,,mungkin kang ari bisa bantu,,,,

 

About these ads

Komentar»

1. Lukas - Februari 21, 2013

Nice inponya…:D

Angker Bima - Mei 16, 2015

makasih infonya,,,

2. Cah_Angon - Februari 22, 2013

kalau masih bermasalah…
ganti motor… 😀

3. raden - Februari 22, 2013

bagus bgat info kang,,,, mtr ku dl ganti kiprok sm akinya,

4. gatot - Februari 22, 2013

pertamax plus,,,,, kang

5. donimagie - Februari 22, 2013

saya ngalamin yang nomer 2.jarum rpm di speedometer jadi naik turun saat kita nyalakan lampu utama,klakson,lampu sen—–ini karena yg mana? apa karena saya belum ganti aki semenjak beli? sudah 2 tahunan bro….but thats is not big problem, masih fine-fine aja.

Kang Ari - Februari 22, 2013

itu gejala kiprok kang bro,,, yg lebih sederhana coba ganti sekring dulu,,, yg 20A Kang Ari sudah nanganin banyak kasus sprt ini.

Kang Ari - Februari 22, 2013

itu gejala kiprok kang bro,,, yg lebih sederhana coba ganti sekring dulu,,, yg 20A Kang Ari sudah nanganin banyak kasus sprt ini. smoga lekas sembuh,,,,,walah spt dokter ja,,,,

6. ander sekor - Februari 22, 2013

ikut,,,kang,, terimakasih infonya ditunggu info2 barunya

7. BROTHERHOOD - Februari 22, 2013

gw sdh pernah ngalamin pas jalan tiba2 motor mbebet2 trs mogok,,setelah sy bawa ke bengkel di ganti kiprok ma spul

8. bikers sejati - Februari 22, 2013

pertamx,,

9. Erit07 - Februari 22, 2013

Tips bagus…

10. Kang Ari - Februari 22, 2013

Tims buat komen dan like kedepan semoga lbh kreatif dan cepat ksh solusi,,

11. Jepitan maut - Februari 23, 2013

Ane jepit ane kunyah ane emut

12. mbah_suro - Februari 23, 2013

V-ixion punyaku sudah berumur 3 tahun lebih,tapi sampai sekarang belum pernah bermasalah. Setelah beli dari dealer langsung dimodif dengan ban gambot ala Ninja 250 berikut velgnya,klakson pakai klaksonnya mobil Kijang Inova yang stereo.
Aki juga masih original bawaan pabrik,belum pernah ganti,sistem kelistrikan masih top markotop.

13. rony - Mei 1, 2013

salma kenal mas brow
ane mau curhat ni mtr ane vixion jg punya masalah yg sama rpn turun terus ngak lama kemudian kontrol lampu kuning menyala….pi aneh nya kenapa cuma pas posisis motor panas doang kejadian itu,dan aneh anehnya lg lo motor di diemin selama 2 jam normal normal kembali,,,,,sama mekanik yamaha suruh ganti aki…aku turuti jg kemauan dia pi tetep aja sama seperti itu,….mohon solusi mas bro…

Ebot - Juli 5, 2013

Klw stau ane gag ad hubungan ny mas bro sma aki,,
cba cek air radiator,,
naro jas ujan gag d jok?
Biasa ny klw lampu kuning nyala b’arti panas mesin over,
itu hubungan ny sma sirkulasi udara mas,

sky46 - Januari 30, 2014

For @Ebot : Ralat !
Stau gw klo lampu kuning itu kn (check engine) brarti mslahnya di mesin, sensor ngsh tau klo ad yg krusakan…tnggal htung aja brapa jmlah kdipan lampu kuningnya…
Klo lmpu yg merah (overhead) brarti itu hubngannya am radiator & waterpump…(Suhu radiator & mesin) Cmiiw…

cesc - Mei 7, 2016

ya gw jg pernah di vixion nvl,,naro jas hujan pas di bawah jok,, motor brebet,,di bawa jalan 60km /jam langsung mati,, di cek aki,,sikring,busi,ok semua,,eh pas gw pindahin itu jas ujan,,langsung normal lagi

feat nus - Januari 26, 2017

Punya gw sekarang sama persis kaya vixi ente gimana solusinya bri

14. Aamuhlisin Ahmad - Juni 7, 2013

siip beuud,,, infonya keren

15. Pardi - Juli 2, 2013

Mas klw pelampung divixion eror bsa d benerin gag?

ariblogmotor - Juli 2, 2013

klo msh bs diakalin bisa….

Pardi - Juli 5, 2013

Klw d ganti pakai pelampung tiger atau gl bsa gag mas??

ariblogmotor - Juli 5, 2013

pakai gl kang,

Pardi - Juli 5, 2013

B’arti bsa pakai pnya gl yha kang ari??

16. Pardi - Juli 5, 2013

Klw d ganti pakai pelampung tiger atau gl bsa gag mas??

17. Immo - September 6, 2013

mau tanya gan ?
NVL ane brebet22 saat gas pelan , trus itu kejadiannya habis perjalanan jauh…
setelah itu habis mati , jadi ulet di starter gan 🙁 , huhuhuhu bberapa kali d cba d idupin bisa lagi, tapi masih brebet22…
gmna gan soluisinya ?

18. anonim - Desember 23, 2013

Ini masalah vixion 2008 gw. Penyebabnya kiprok, kabel body + tangki aga kotor harus pake carbon cleaner. Alhasil normal. Thanks info

Buat vixion yang ngeletek mesinnya. Bengkel suka bilang bunyi rantai keteng. Padahal penyebabnya yaitu kinciran dibagian putaran keteng yang buat dorong air radiator udah keset dan per sudah harus diganti 🙂

19. edi riwanto - Agustus 9, 2014

maaf gan…. ane punya keluhan ni motor vixion ane 2010, pas ane pake jarak jauh kondisi mesin panas dan lampu indikator kuning nyala kedip kedip terus… ane istrh 20 menit dan jalan lg +_ 20 menit kira2 10 km dan nyala lg n brebet lg… mhn solusinya gan….thanks

aripitstop - Agustus 9, 2014

Ada dua kmungkinan.
1. Sistem pengisian ke aki g normal, cek kondisi kiprok biasanya sdh tdk maksimal.
2. Cek kondisi fuelpump ke beres biasanya putarannya sdh lemah.
Tp opsi pertama yg lbh dominan

20. Fermansyah - September 17, 2014

Masalah ane sama dengan bang edi riwanto
vixion 2009 padahal baru dipake 15-20km udah brebet2..
gejalanya:
-lampu kuning nyala
-jarum rpm gk naek waktu di gas
Udah ganti spul tapi masih kayak gitu jg bro kira2 dimana ya masalahnya

21. BAGAS - Februari 10, 2015

misi mas bro….!!!
masalah pada motor saya sama persis kyak nomer 1,2,3 di atas td, trus di tambah lampu indikator yg warnanya kuning hidup dan berkkedip, dan pengapian ngdrop kayak ada yg konslet.
nah…. kira2 itu apanya rusak ya….!!??
tolong balas ya mas bro…!!

22. dimdim - April 8, 2015

kang ari, saya punya vixion 2009. penyakitnya itu kalo dirpm bawah suka brebet brebet , terus aki cepat tekor, pdhal baru dicasa aki nya tekor lagi..
terus pernah saya paksain jalan lampu merah nya sempat hidup.
mohon pencerahan nya kang ari,.,,

23. asmara jb - Juni 11, 2015

Kang ari buka bengkel d mana?
Saya jera Sama mekanik2 bengkel resmi.

Kang ari - Juni 11, 2015

Saya nggak Buka bengkel, ciuz…

24. iqbal - Agustus 16, 2015

kang ari, motor saya brebet pdahal udh ganti spul, kiprok sama busi… skrg kondisinya kalo jalan brebet trus kiprok panas.. kenapa ya?? terimakasih

25. Mas benni - Oktober 31, 2015

Saya mengalami hal aneh pada motor saya Yamaha NVL2014.motor saya tidak dapat hidup,kalaupun hidup cuma sebentr dan brebet trus mati.saya cek tegangan aki normal.saya bawa ke Bares,katanya gnti busi dan LAS.trus di bersihkan fuel pumpnya.tp tetap saja setelah itu didiamkan beberapa
menit motor tidak mau nyala.Sebetulmya apa penyebabnya?

Kang ari - Oktober 31, 2015

bisa jadi itu fuelpump macet, atau injektor mampet

26. dadoyusuf - Desember 10, 2015

Kang ari aku mau nanya nih…
Motorku vixion 2008…
Seminggu yg lalu ganti accu punya fu sekalian servis rutin di beres…awalnya motor normal,tp setelah diajak ujan2an,tiba2 motor nyendat2 trus knalpot nembak…
Penasaran,ku bawa ke beres lg…servis injeksi…kuras tangki…ganti busi ampe soket2 yg dari spul dibersihin semua…kembali normal
Tp malemnya ane bawa jalan lagi,nyendat2 lagi…dan nyendatnya itu sering nya di rpm bawah…kl rpm atas jarang…
Itu knapa ya kang…trims sebelumnya

Kang ari - Desember 10, 2015

Cek sistem pengisian setrum ke aki, cek juga kondisi thermosensornya

27. Jarum Rpm Vixion Naik Turun ? Ternyata Soket Gosong Juga Pengaruh | ARIPITSTOP - Januari 16, 2016

[…] Vixion Mbrebet Setelah Mesin Panas […]

28. fadhlan - Februari 17, 2016

kang mau nanya klw pada saat sy atater tangn truss loyoh bahkan tdk mw hidup …kira* yg kalah cyprusnya atw spuulnya ?
padahal AKInya baru kang
mohon bantuannya !!!

29. fadhlan - Februari 17, 2016

kang mau nanya klw pada saat sy stater tangn truss loyoh bahkan tdk mw hidup …kira* yg kalah cyprusnya atw spuulnya ?
padahal AKInya baru kang
mohon bantuannya !!!

Kang ari - Februari 17, 2016

biasanya dari kiprok

30. fadhlan - Februari 17, 2016

thanks kang atas infonya..

31. ilunk - Maret 2, 2016

kang mw nanya ni vixon sya tahun 2009 ..saat di kontak gak ad bunyi ngiing tapi lampu indikator normal…dan saat di starter gak nyala…kenapa ya kang…tolong bantuannya kang!!!???

Kang ari - Maret 2, 2016

harusnya bunyi nging di tangki, berarti fuelpump macet, minta cek fuelpumpnya

ilunk - Maret 3, 2016

oke kang…tak coba cek…klo hrga fuelpump nua brpa kang?

Kang ari - Maret 3, 2016

kisaran 400an

32. iponkancil - Maret 23, 2016

tanya kang ari..kalo penyebab kiprok rusak apa ya kang?

33. jaenal - Maret 24, 2016

kang ari mohon bantuanya, motor old vixion saya pertama kali dinyalakan saat dingin rpm nya naik seperti ngegas sendiri di kisaran 3500rpm an, dan mrebet klo udh jalan sekitar 20 menitan, setelah itu mogok, motor baru bisa dinyalakan setelah di dinginkan beberapa saat, saya udah ke beres 2X dan di periksa katanya kelistrikan normal, katanya thermosensor error dan harus ganti, akan tetapi setelah di ganti masalah itu masih tetap ada, kira2 apa ya kang, mohon bantuanya..
trims..

Kang ari - Maret 25, 2016

, minta cek kondisi pompa radiator, bersihkan total throtle body nya.
Cek juga kiprok

34. Dicky - Maret 31, 2016

kang ari minta tolong dong, ovi ane kalo panas jarum rpm ngedrop ke 0 dan lampu indikator kuning nyala terus tanpa kedip.. terus jalanya brebet dan endingnya mogok ? itu masalahnya dmna ya ? padahal udh ganti aki, kiprok, sekring n rumahnya

Kang ari - Maret 31, 2016

nach cek spulnya, bohlam diluar standar/asli juga pengaruh

35. Dicky - Maret 31, 2016

ngecek spull gmna kang ?? ?
kalo pagi (mtr blm dbwt jlan) sya coba nyalakan (dpanasin?) sya cobak nyalakan lampu-lampu jauh-klakson-lampu sein ttp aja rpm ngedrop kang ari ??

36. ruz - April 2, 2016

mtor saya mbrebed terus mogok . .
di cek akinnya normal

37. temonwahyudi7@gmail.com - April 11, 2016

Kang ari ane punya vixizon 2009. Kalok mesin di nyalin di rpm 2 mau ane gas kok berebet /nyendat nyendut ya kang .tolong di jwb kaeg

38. arie - Juni 12, 2016

Bang ari mw tanya nie ovi saya setiap mesin sudah panas baru dimatikan,baru dinyalakan lagi pasti langsung berebet gas pertama apanya penyebabnya tolong pencerahannya trima kasih dr arie balikpapan

39. firman - Juni 15, 2016

Bang ari saya punya mtor vixion th 2008 , knpa ya setiap d nyalain speedometernya naik turun kaya ga lancar turun bensinya .. padahal semua lampu ga d nyalain tpi naik turun jadi gerebed (brebet) . Terima kasih sebelum nya bang

aripitstop - Juni 15, 2016

biasanya ada masalah di pengisian setrum ke aki, cek kondisi spul, kiprok dan rumah sekring

40. fernando - Juni 16, 2016

mas saya pny vixion 2010,wktu jln tiba2 brebet sprti khbisan bnsin mas,kira2 itu ap ny y mas?

yanto - Juni 30, 2016

Kang saya punya motor v ixion thn 2008 lampu rpm yang kuningnya berkedip terus kalau mesin di jalankan itu mbrebet kira kira apanya ya kang

aripitstop - Juni 30, 2016

biasanya sekitar kelistrikan, cek kondisi kiprokdan spul

41. aldhonie - Agustus 1, 2016

kang motor saya sudah di ganti spull, kiprok, aki, tapi ga mau hidup.. katanya ECU nya.. karena bensin ga mau nyemprot keluar..
apa benar kang? mohon petunjuknya..

aripitstop - Agustus 2, 2016

bisa ecu, fuelpump atau injectornya

42. Ifnu - September 13, 2016

Kang, motor saya vixion advance dan belum ada 1 thn, km kisaran 12rb, blm lama ini klo dibuat jalan sekitar 15km itu motor gk stabil agak ngadat, busi dan air radiator udh saya ganti. Dan di cek sama ke bengkel resmi gak ada gejala yg keliatan rusak tp menurut dia ecunya tak terbaca dikomputer
Mohon solusinya.

aripitstop - September 14, 2016

Mungkin ada soket kendor atau biasanya kepala busi yang kendor.
Cek bagian pengisian listrik ke aki

43. Paijo - November 26, 2016

Kang vixion saya sudah ganti kiprok sekitar 2 mingguan Itu jga udah di cek spulnya mash joss karena aki ngedrop udah 2 kali setelah ganti, mtr saya kumat lagi padahal pakek stater kick dan lampu utama mati trus, kumatnya pasti kalo pakek lampu sein, klakson, dan lampu stop pasti rpm nya turun ke 0 lalu setelah remnya di lepas naik ke 1 trus klakson pelan mesin jadi kayak kehabisan bensin itu kenapa ya kang mohon pencerahanya

44. andi - November 27, 2016

Bang motor saya vixion 2009.. Masalahnya klo di rpm tinggi kecepatan lebih dari 60km gad langsung ngelos.. Alias mati.. Penyebabnya apa ya…

aripitstop - November 27, 2016

bisa dari fuelpump, injector cek juga pengapiannya

45. udin - Januari 19, 2017

Vixion sayA lampu meredup makin lama makin redup, lampu mesin menyala kuning, rpm mati. Dan lama2 mesin ndut ndutan dan mati,. Tp kalau di diamkan beberapa saat normal lg, itu knp ya gan?

46. jams - Januari 23, 2017

kang ari punten bengkel y dmna ya? vixion sy pnyakit y mnahun sudh bosen kluar msuk bgkel tdk ada hasil klo boleh mnta alamat bgkel y dong, tks sblm y.

47. Miswar Pulungan - Februari 16, 2017

Mksi infonya kang bro sya mengalami yg di atas entar sya coba kang bro….mksi ilmunya bro.

48. dedy yusuf - Februari 24, 2017

Motor vixion saya merebet saya sudah bawa ke bengkel periksa fuelpump setlh itu masih mrebet saya coba bersihkan filter udara masih juga merebet saya ganti aki x masih juga merebet terus apa x yang bikin rusak tolong guys kasih info sebelumnya mkasih

aripitstop - Februari 24, 2017

cek injector, busi, kompresi

49. Barra - Maret 24, 2017

Kang bro motor ane vixi thn 2012.kalau msin panas brebet fuel pump dah ganti.kiprok sama busi juga aki pun baru.ganti kiprok baru normal jalannya tapi kiprok panas bgt melebihi normal kira2 ada apa y .mohon bantuannya trmakasih



%d blogger menyukai ini: