Kang bro,,,,pasting kita nggak mau ngalamin motor kita mbebet bahkan sampai mogok,,, la sopo yang mau dorong2 motor sudah capek dan pasti tengsin pas dilihatin cewek cakep lagi,,,,kali ini kang ari kasih ilmu ”KENAPA VIXION SETELAH JALAN JAUH ATAU KONDISI MESIN PANAS JADI MBREBET BAHKAN ADA YANG MOGOK”

download (8)

 

Begini kang bro,,, jika motor vixion kang bro punya gejala2 seperti :

1.lampu utama jadi redup saat  kita nyalakan +- 10menit dan bunyi klakson jadi pelan,

2.jarum rpm di speedometer jadi naik turun saat kita nyalakan lampu utama,klakson,lampu sen,

3.aki jadi cepet soak,ganti aki baru tapi 1bulan dipakai sudah soak lagi,

4.motor setelah jalan lebih dari 3km mulai mbrebet

5.kadang2 pada saat kecepatan diatas 60km/jam rpm motor tidak mau naik lagi.

Tenang kang bro,,, kang ari kasih info top markotop,,,jadi pada saat kang bro ngalamin kejadian seprti diatas jangan panik dan tidak bisa dikibulin sama mekanik2 ‘jambret’,,,, 90% gejala2 itu bisa timbul karena pengapian terganggu disebabkan oleh tegangan yang masuk ke aki tidak normal,untuk vixion tegangan yang masuk ke aki saat kita cek menggunakan voltmeter motor dihidupkan lalu voltmeter colok ke aki harus menunjukkan angka 14volt,jika kurang dari 14V atau bahkan lebih dari 14V (15V ke atas)maka dipastikan ada yang tidak beres di pada sistem setrum yang masuk ke aki,ada bebarapa faktor kang bro,,,

1.lebih sering kiprok sudah lemah dan konslet ,solusinya jika kang bro punya temen yang pakai vixion juga coba comot kiprok di motornya lalu buat ngetes ,,,jika sembuh tinggal beli kiprok saja.kalau punya voltmeter tinggal diukur saja motor dihidupkan lalu colok volt meter ke aki,jika menunjukkan angka 14v berarti kasus selesai.

download (5)

2.yang kedua sekringnya lemah,tidak putus tapi ampernya dari sekring turun jadi tidak kuat menahan beban tegangan dan arus dari aki,saya anjurkan ganti sekring yang 20 ampere lebih baik ganti satu set berikut rumahnya.jika sudah diganti tetapi belu sembuh,,,lanjut,

download (6)

3.sepulnya sudah rusak,biasanya sepul bisa konslet karena menanggung beban yang terlalu besar seperti penambahan asesoris kelistrikan seperti lampu hazard,kunci rahasia,klakson keong,lampu utama punya mobil dll, untuk pengecekan sepul sebaikknya diserahkan ke bengkel resmi saja kang bro,,,

images (5)

4.fuelpum vixion kang bro sudah lemot,jadi kerja sepul jadi berat,fuelpump musti cek tekanannya kang bro,,,tekanan fuelpump vixion 224kpa,untuk pengecekannya hanya bengkel resmi yang punya alatnya kang bro,,,

download (7)

5.jika komponen diatas sudah di ganti semua tapi masih belum sembuh,,,,senjata terakhir ganti kabel bodynya,,,

Semoga masukan dari kang ari bermanfaat kang bro,,,, jika ada pertanyaan2 mengenai masalah di motor kang bro,,,mungkin kang ari bisa bantu,,,,

 

83 KOMENTAR

  1. saya ngalamin yang nomer 2.jarum rpm di speedometer jadi naik turun saat kita nyalakan lampu utama,klakson,lampu sen—–ini karena yg mana? apa karena saya belum ganti aki semenjak beli? sudah 2 tahunan bro….but thats is not big problem, masih fine-fine aja.

    • itu gejala kiprok kang bro,,, yg lebih sederhana coba ganti sekring dulu,,, yg 20A Kang Ari sudah nanganin banyak kasus sprt ini.

      • itu gejala kiprok kang bro,,, yg lebih sederhana coba ganti sekring dulu,,, yg 20A Kang Ari sudah nanganin banyak kasus sprt ini. smoga lekas sembuh,,,,,walah spt dokter ja,,,,

  2. V-ixion punyaku sudah berumur 3 tahun lebih,tapi sampai sekarang belum pernah bermasalah. Setelah beli dari dealer langsung dimodif dengan ban gambot ala Ninja 250 berikut velgnya,klakson pakai klaksonnya mobil Kijang Inova yang stereo.
    Aki juga masih original bawaan pabrik,belum pernah ganti,sistem kelistrikan masih top markotop.

  3. salma kenal mas brow
    ane mau curhat ni mtr ane vixion jg punya masalah yg sama rpn turun terus ngak lama kemudian kontrol lampu kuning menyala….pi aneh nya kenapa cuma pas posisis motor panas doang kejadian itu,dan aneh anehnya lg lo motor di diemin selama 2 jam normal normal kembali,,,,,sama mekanik yamaha suruh ganti aki…aku turuti jg kemauan dia pi tetep aja sama seperti itu,….mohon solusi mas bro…

    • Klw stau ane gag ad hubungan ny mas bro sma aki,,
      cba cek air radiator,,
      naro jas ujan gag d jok?
      Biasa ny klw lampu kuning nyala b’arti panas mesin over,
      itu hubungan ny sma sirkulasi udara mas,

      • For @Ebot : Ralat !
        Stau gw klo lampu kuning itu kn (check engine) brarti mslahnya di mesin, sensor ngsh tau klo ad yg krusakan…tnggal htung aja brapa jmlah kdipan lampu kuningnya…
        Klo lmpu yg merah (overhead) brarti itu hubngannya am radiator & waterpump…(Suhu radiator & mesin) Cmiiw…

        • ya gw jg pernah di vixion nvl,,naro jas hujan pas di bawah jok,, motor brebet,,di bawa jalan 60km /jam langsung mati,, di cek aki,,sikring,busi,ok semua,,eh pas gw pindahin itu jas ujan,,langsung normal lagi

  4. mau tanya gan ?
    NVL ane brebet22 saat gas pelan , trus itu kejadiannya habis perjalanan jauh…
    setelah itu habis mati , jadi ulet di starter gan 🙁 , huhuhuhu bberapa kali d cba d idupin bisa lagi, tapi masih brebet22…
    gmna gan soluisinya ?

  5. Ini masalah vixion 2008 gw. Penyebabnya kiprok, kabel body + tangki aga kotor harus pake carbon cleaner. Alhasil normal. Thanks info

    Buat vixion yang ngeletek mesinnya. Bengkel suka bilang bunyi rantai keteng. Padahal penyebabnya yaitu kinciran dibagian putaran keteng yang buat dorong air radiator udah keset dan per sudah harus diganti 🙂

  6. maaf gan…. ane punya keluhan ni motor vixion ane 2010, pas ane pake jarak jauh kondisi mesin panas dan lampu indikator kuning nyala kedip kedip terus… ane istrh 20 menit dan jalan lg +_ 20 menit kira2 10 km dan nyala lg n brebet lg… mhn solusinya gan….thanks

    • Ada dua kmungkinan.
      1. Sistem pengisian ke aki g normal, cek kondisi kiprok biasanya sdh tdk maksimal.
      2. Cek kondisi fuelpump ke beres biasanya putarannya sdh lemah.
      Tp opsi pertama yg lbh dominan

  7. Masalah ane sama dengan bang edi riwanto
    vixion 2009 padahal baru dipake 15-20km udah brebet2..
    gejalanya:
    -lampu kuning nyala
    -jarum rpm gk naek waktu di gas
    Udah ganti spul tapi masih kayak gitu jg bro kira2 dimana ya masalahnya

  8. misi mas bro….!!!
    masalah pada motor saya sama persis kyak nomer 1,2,3 di atas td, trus di tambah lampu indikator yg warnanya kuning hidup dan berkkedip, dan pengapian ngdrop kayak ada yg konslet.
    nah…. kira2 itu apanya rusak ya….!!??
    tolong balas ya mas bro…!!

  9. kang ari, saya punya vixion 2009. penyakitnya itu kalo dirpm bawah suka brebet brebet , terus aki cepat tekor, pdhal baru dicasa aki nya tekor lagi..
    terus pernah saya paksain jalan lampu merah nya sempat hidup.
    mohon pencerahan nya kang ari,.,,

  10. kang ari, motor saya brebet pdahal udh ganti spul, kiprok sama busi… skrg kondisinya kalo jalan brebet trus kiprok panas.. kenapa ya?? terimakasih

  11. Saya mengalami hal aneh pada motor saya Yamaha NVL2014.motor saya tidak dapat hidup,kalaupun hidup cuma sebentr dan brebet trus mati.saya cek tegangan aki normal.saya bawa ke Bares,katanya gnti busi dan LAS.trus di bersihkan fuel pumpnya.tp tetap saja setelah itu didiamkan beberapa
    menit motor tidak mau nyala.Sebetulmya apa penyebabnya?

  12. Kang ari aku mau nanya nih…
    Motorku vixion 2008…
    Seminggu yg lalu ganti accu punya fu sekalian servis rutin di beres…awalnya motor normal,tp setelah diajak ujan2an,tiba2 motor nyendat2 trus knalpot nembak…
    Penasaran,ku bawa ke beres lg…servis injeksi…kuras tangki…ganti busi ampe soket2 yg dari spul dibersihin semua…kembali normal
    Tp malemnya ane bawa jalan lagi,nyendat2 lagi…dan nyendatnya itu sering nya di rpm bawah…kl rpm atas jarang…
    Itu knapa ya kang…trims sebelumnya

  13. kang mau nanya klw pada saat sy atater tangn truss loyoh bahkan tdk mw hidup …kira* yg kalah cyprusnya atw spuulnya ?
    padahal AKInya baru kang
    mohon bantuannya !!!

  14. kang mau nanya klw pada saat sy stater tangn truss loyoh bahkan tdk mw hidup …kira* yg kalah cyprusnya atw spuulnya ?
    padahal AKInya baru kang
    mohon bantuannya !!!

  15. kang mw nanya ni vixon sya tahun 2009 ..saat di kontak gak ad bunyi ngiing tapi lampu indikator normal…dan saat di starter gak nyala…kenapa ya kang…tolong bantuannya kang!!!???

  16. kang ari mohon bantuanya, motor old vixion saya pertama kali dinyalakan saat dingin rpm nya naik seperti ngegas sendiri di kisaran 3500rpm an, dan mrebet klo udh jalan sekitar 20 menitan, setelah itu mogok, motor baru bisa dinyalakan setelah di dinginkan beberapa saat, saya udah ke beres 2X dan di periksa katanya kelistrikan normal, katanya thermosensor error dan harus ganti, akan tetapi setelah di ganti masalah itu masih tetap ada, kira2 apa ya kang, mohon bantuanya..
    trims..

  17. kang ari minta tolong dong, ovi ane kalo panas jarum rpm ngedrop ke 0 dan lampu indikator kuning nyala terus tanpa kedip.. terus jalanya brebet dan endingnya mogok ? itu masalahnya dmna ya ? padahal udh ganti aki, kiprok, sekring n rumahnya

  18. ngecek spull gmna kang ?? ?
    kalo pagi (mtr blm dbwt jlan) sya coba nyalakan (dpanasin?) sya cobak nyalakan lampu-lampu jauh-klakson-lampu sein ttp aja rpm ngedrop kang ari ??

  19. Bang ari mw tanya nie ovi saya setiap mesin sudah panas baru dimatikan,baru dinyalakan lagi pasti langsung berebet gas pertama apanya penyebabnya tolong pencerahannya trima kasih dr arie balikpapan

  20. Bang ari saya punya mtor vixion th 2008 , knpa ya setiap d nyalain speedometernya naik turun kaya ga lancar turun bensinya .. padahal semua lampu ga d nyalain tpi naik turun jadi gerebed (brebet) . Terima kasih sebelum nya bang

  21. kang motor saya sudah di ganti spull, kiprok, aki, tapi ga mau hidup.. katanya ECU nya.. karena bensin ga mau nyemprot keluar..
    apa benar kang? mohon petunjuknya..

  22. Kang, motor saya vixion advance dan belum ada 1 thn, km kisaran 12rb, blm lama ini klo dibuat jalan sekitar 15km itu motor gk stabil agak ngadat, busi dan air radiator udh saya ganti. Dan di cek sama ke bengkel resmi gak ada gejala yg keliatan rusak tp menurut dia ecunya tak terbaca dikomputer
    Mohon solusinya.

  23. Kang vixion saya sudah ganti kiprok sekitar 2 mingguan Itu jga udah di cek spulnya mash joss karena aki ngedrop udah 2 kali setelah ganti, mtr saya kumat lagi padahal pakek stater kick dan lampu utama mati trus, kumatnya pasti kalo pakek lampu sein, klakson, dan lampu stop pasti rpm nya turun ke 0 lalu setelah remnya di lepas naik ke 1 trus klakson pelan mesin jadi kayak kehabisan bensin itu kenapa ya kang mohon pencerahanya

  24. Vixion sayA lampu meredup makin lama makin redup, lampu mesin menyala kuning, rpm mati. Dan lama2 mesin ndut ndutan dan mati,. Tp kalau di diamkan beberapa saat normal lg, itu knp ya gan?

  25. kang ari punten bengkel y dmna ya? vixion sy pnyakit y mnahun sudh bosen kluar msuk bgkel tdk ada hasil klo boleh mnta alamat bgkel y dong, tks sblm y.

  26. Motor vixion saya merebet saya sudah bawa ke bengkel periksa fuelpump setlh itu masih mrebet saya coba bersihkan filter udara masih juga merebet saya ganti aki x masih juga merebet terus apa x yang bikin rusak tolong guys kasih info sebelumnya mkasih

  27. Kang bro motor ane vixi thn 2012.kalau msin panas brebet fuel pump dah ganti.kiprok sama busi juga aki pun baru.ganti kiprok baru normal jalannya tapi kiprok panas bgt melebihi normal kira2 ada apa y .mohon bantuannya trmakasih

    • Punx sy vixion 2009, kalau mesin panas/ jarak 1km motor brebet & dcek kiprokx panas….apa yg positif kiprokx yg rusak??? Mohon infox

  28. Vixion sya sm prsis msalah.a sm yg d ats n smua.a udh sya coba n yg blm sya coba gnti kabel. Iyaa jg sih ad kbel d motor sya yg ky.a konslet soal.a panas n penutup.a meleleh

  29. Bang knpa mtor aq klo jalan sekitr 4 klometr Panas motr trs merebab aki gak mau ngecas dan sepido jdi mti gak mau idop dn tnda lmpu radiator idopp kenpa ya bng.

  30. Kang Ari…Vixion saya tahun 2009 knp kl mesin sudah panas kira2 jarak 200m mesin’a selalu mati,,,tks ya kang Ari

Ketik Komentar Anda